Pemkab Kotabaru bersama BPKP Kalsel kerjasama Peningkatan Akuntabilitas Keuangan 

Teks : Komitmen Bersama Kerjasama Peningkatan Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan serta Komitmen Bersama Penyelenggaraan SPIP Terintegritas Tahun 2024, Sabtu (22/6/2024).(kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam hal ini Bupati H. Sayed Jafar Alaydrus, SH bersama dengan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan Ayi Riyanto melaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Kerjasama Peningkatan Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan serta Komitmen Bersama Penyelenggaraan SPIP Terintegritas Tahun 2024 pada Pemerintah Daerah yang bertempat di Wisata Jetski Teluk Masjid Kecamatan Pulau Laut Timur, Sabtu (22/6/2024) siang.

 

Bacaan Lainnya

Tampak hadir dikegiatan ini Kepala Inspektorat Kotabaru, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat, dan para Asesor SKPD.

 

Penandatanganan ini dilakukan untuk menindaklanjuti surat kepala

Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Nomor PE.13.04/S-867/PW16/3/2024 tanggal 12 Juni 2024 tentang Pelaksanaan Penilaian Mandiri/Penjamin Kualitas Maturitas SPIP Terintegrasi Pemerintah Daerah Tahun 2024.

 

Dengan tujuan untuk mengembangkan manajemen pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (Good Govermen) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

 

Mayoritas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi terdiri dari beberapa komponen diantaranya yaitu Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Manajemen Risiko Indeks (MRI), dan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK).

 

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi kepada

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan yang telah membantu dan bersinergi dalam penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan keuangan serta peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dilingkungan Pemkab Kotabaru.

 

“Kita bersama-sama menadatangani komitmen bersama kerjasama peningkatan akuntabilitas keuangan dan pembangunan serta komitmen bersama penyelenggaraan SPIP terintegrasi tahun 2024 pada Pemerintah Kabupaten Kotabaru,” kata Bupati H. Sayed Jafar.

 

“Saya berharap komitmen ini dapat segera di implementasikan sehingga apa yang menjadi tujuan dari kesepakatan ini dapat tercapai dengan baik,” ungkapnya.

 

“Dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik di dalam SPIP mempunyai peran yang sangat penting yang ingin di capai yakni efektif, efisien dan pengamanan Aset Negara serta ketaatan terhadap Peraturan Perundang-undangan,” jelas Bupati.

 

Dengan adanya komitmen ini sambungnya, diharapkan SPIP dapat mendeteksi sejak dini terjadinya tindakan yang merugikan Daerah dan Negara serta diperlukan komitmen niat baik dalam mengimplementasikan.

 

“Baik itu dari seluruh pejabat dan pegawai instansi pemerintah, dalam mendukung kebijakan dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik. Sehingga

SPIP dapat mendeteksi sejak dini terjadinya penyimpangan dan meminimalisir terjadinya tindakan yang dapat merugikan daerah dan negara,” ingatnya.

 

“Terjalinnya komitmen bersama ini akan terbangun sinergi dan kolaborasi yang lebih baik lagi sehingga dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemerintah di Kabupaten Kotabaru secara konsisten, terus menunjukkan trend perbaikan dan peningkatan sehingga dapat memberikan manfaat bagi Pemerintah Daerah,” demikian ditambahkannya pula.

 

 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Ayi Riyanto menyampaikan, Kabupaten Kotabaru luar biasa dan mempunyai potensi daerah cemerlang.

 

“Banyak mempunyai kekayaan alam yang lengkap seperti bukit, pantai dan pulau-pulau, dan diyakini kedepannya Kabupaten Kotabaru akan menjadi Kota yang paling cemerlang karena mempunyai potensi daerah yang luar biasa,” ujar Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel ini.

 

Semestinya ini juga dilakukan oleh semua Pemerintah Daerah karena SPIP itu adalah tips yang paling utama dan super utama adalah pengendalian.

 

“Intinya adalah contoh atau perilaku top manajemen kita lah sebetulnya yang mengarahkan semua pegawai yang akan melakukan SPIP itu,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait