SMPN 6 Banjarmasin terima Peserta Didik Baru Disabilitas 

Teks foto : Kepala sekolah SMPN 6 Banjarmasin pantau pos pelayanan PPDB online.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin buka pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online sejak pertanggal 19 hingga 21 Juni 2024 mendatang.

 

Bacaan Lainnya

Terpantau, Kamis (20/06/24) pagi. SMPN 6 Banjarmasin membuka posko pelayan untuk masyarakat yang tidak memahami PPDB online tersebut.

 

Kepala Sekolah SMPN 6 Banjarmasin, Aminsyah mengatakan, untuk PPDB online tahun ini tidak ada kendala. Namun, pihak sekolah tetap melayani masyarakat yang tidak bisa menggunakan gadget.

 

“Beberapa komputer kita sediakan serta tenaga ahli panitia, untuk membantu masyarakat,” ujar Aminsyah, kepada wartawan Kalselpos.com.

 

Ia juga menjelaskan, kuota keseluruhan di SMPN 6 sebanyak 288 peserta didik baru untuk mengisi 9 rombongan belajar.

 

Terhitung, sejak dibuka tanggal 11-13 Juni 2024 untuk jalur afirmasi dan prestasi, pihaknya menerima seorang siswi dari jalur afirmasi disabilitas. Sehingga kuota yang tidak terpakai dilimpahkan ke jalur zonasi, yang dibuka sejak 19-21 Juni 2024.

 

“Siswi baru jalur afirmasi disabilitas itu dinyatakan layak masuk kelas regular oleh panitia, “ungkapnya.

 

Berdasarkan arahan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin, tidak ada lagi diskriminasi terhadap peserta didik. Sehingga semua kalangan bisa mendapatkan hak yang sama untuk masuk di sekolah manapun.

 

“Terkecuali mereka yang disabilitas berat, maka harus masuk ke Sekolah Luar Biasa (SLB),” ujarnya.

 

Dalam hal ini, pihak SMPN 6 Banjarmasin pun telah mengatur sedemikian mungkin, agar proses belajar nantinya tidak terlalu memberatkan siswi baru bersangkutan. Seperti menempatkannya di ruang kelas yang berada di lantai 1.

 

“Kita yakin dia bisa mengikuti pembelajaran dengan normal. Walaupun yang bersangkutan menderita disabilitas fisik,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait