Dukung UMKM, PT AGM Lakukan Pendampingan Studi Tiri Kelompok Tani Lebah 

Teks foto :  STUDI TIRU- PT AGM memberikan pendampingan Kelompok Tani Lebah Tri Buana, Desa Ida Manggala, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten HSS studi tiru ke Kabupaten HST.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– PT Antang Gunung Meratus (AGM) memberikan pendampingan Kelompok Tani Lebah Tri Buana, Desa Ida Manggala, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) studi tiru ke kelompok binaan pembudidaya lebah kelulut, di Desa Jatuh, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

 

Bacaan Lainnya

“Pendampingan kunjungan studi tiru Kelompok Tani Lebah sebagai komitmen PT AGM dalam melakukan pengembangan pemberdayaan masyarakat dan UMKM untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” ujar CSR Section Head, PT AGM Widharto Ali, Jumat (14/6/2024).

 

Selain itu, kunjungan untuk memberikan motivasi Kelompok Tri Buana, untuk lebih dapat berkembang dan memperluas jejaring antara sesama pembudidaya lebah kelulut, yang telah diaplikasikan dan dicontohkan oleh KTH Remaja Kelulusan.

 

Sementara itu, Ketua KTH Remaja Kelulut Fauzi mengucapkan terima kasih kepada PT AGM dan Kelompok Tri Buana yang sudah berkunjung dan belajar bersama membudidayakan lebah kelulut.

 

“Sebagai salah satu pelopor pembudidaya lebah kelulut wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), kami telah melaksanakan pembudidaya sejak 2014,” ujar Fauzi.

 

Dalam studi tiru tersebut, Kelompok Tani Lebah Tri Buana sharing dengan KTH Remaja Kelulut, bagaimana menjaga kualitas sarang lebah kelulut dengan metode pembuatan log atau rumah lebah secara permanen.

 

Selain itu, sharing proses panen yang efisien dan perluasan jaringan pemasaran yang dibantu oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten HST, sehingga dapat memiliki proses produksi madu kelulut yang sama dan bisa saling melengkapi.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait