Tabalong Kota Cerdas, Sediakan Puluhan Titik Internet Gratis

Teks foto Petugas dari Dinas Kominfo Tabalong memasang jaringan internet gratis yang disdiakan di beberapa tempat seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH), ruang pendidikan dan ruang public.(ist)(kalselpos.com)

Tanjung, kalselpos.com – Era digital saat ini masyarakat sangat membutuhkan adanya jaringan internet yang cepat dan murah untuk menunjang kehidupan social, pendidikan hingga ekonominya.
Melihat kebutuhan masyarakat terhadap jaringan internet tersebut Dinas Kominfo Tabalong memberikan pelayanan berupa internet gratis yang disdiakan di beberapa tempat seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH), ruang pendidikan dan ruang public.

Tercatat dari data Diskominfo hingga tahun 2024 ini sudah ada 24 lokasi yang tersedia internet gratis sebagian besar dilayani dengan jaringan internet jalur fiber optic sebagaian kecil menggunakan jalur wireless.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pengembangan Kota Cerdas, Ruzaida Fitriani, S.Hut, M.Ling mengatakan masyarakat dapat langsung terhubung ke koneksi internet gratis di 24 spot tersebut.
“Cara mengaksesnya dengan cara konek ke jaringan wifi Tabalong Smart City, setelah terkoneksi akan muncul landing page kemudian klik login secara otomatis akan terakses (tanpa password)” Jelas Ruzaida.

Jumlah pengguna disetiap titik tidak ada Batasan hanya saja keterbatasan bandwith bila melampaui 50 orang akan sulit login.
“Keterbatasan bandwith maka jumlah atau kuota pengguna di setiap titik lokasi maksimal 50 orang secara bersamaan, jika lebih dari itu akan sulit login (masuk) ke jaringan,” jelasnya lagi.

Pihaknya sendiri akan terus menambah jaringan internet gratis untuk masyarakat dengan menyesuaikan kuota pertahun yang tersedia.
Selain mendukung perekomian proses Pendidikan dan lainnya adanya internet gratis bagi warga juga merupakan infrastruktur utama dalam mewujudkan Tabalong smart city.
Sejauh ini menurut Ruzaida ada dua kendala yaitu dukungan infrastruktur yang masih dalam proses penyempurnaan dan literasi digital yang masih belum merata di masyarakat.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait