Pj Bupati Zakly Asswan hadiro Penutupan TMMD Ke-120 Kodim 1001 HSU

Teks foto:  Pendatangan prasasti pelaksanaan TMMD saat Penutupan TMMD Ke-120 Kodim 1001 HSU oleh Kasdam VI/Mulawarman. (adiyat)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Pelaksnaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Kodim 1001 HSU-Balangan telah berakhir. Penutupan dilakukan secara seremonial di lapangan Pahlawan Amuntai, oleh Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana, Jumat (07/06/2024).

 

Bacaan Lainnya

Sebelum melakukan upacara penutupan di lapangan Pahlawan. Rombongan Kasdam VI/Mulawarman disambut oleh Pj Bupati HSU Zakly Asswan dan Pemerintah daerah di Mess Negara Dipa Amuntai.

 

Pj. Bupati HSU, Zakly Asswan mengakui bersyukur telah dilaksanakan TMMD Ke-120 tahun 2024 Kodim 1001 HSU yang di pusat kan di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah yang kini telah selesai dan sukses.

 

“Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat HSU saya menyampaikan ucapan Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI dalam hal ini khususnya Korem Antasari/101 serta Kodim 1001 HSU atas Dharma Baktinya bagi masyarakat yang diwujudkan dalam pelaksanaan TMMD yang Ke- 120 Tahun 2024 untuk memajukan infrastruktur dan hal yang lainnya di Banua Amuntai ini,” imbuhnya.

 

Ia berharap, semoga TMMD yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan, khususnya dalam upaya memberikan kemudahan serta meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat HSU.

 

Sementara itu, Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan dalam paparannya menyebut, sasaran fisik tambahan dalam TMMD yang telah dilaksanakan diantaranya pembangunan posyandu, rehab rumah tidak layak huni, pembuatan fasilitas air bersih dam rehab MCK, dan rehab gudang benih/pupuk.

 

Adapun program unggulannya, penanaman pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah Kodim 1001 HSU dan pembersihan sungai untuk menjaga sumbatan sampah di Kabupaten HSU.

 

Lanjut ia mengatakan, nilai dan manfaat dari segi kesejahteraan masyarakat, mampu membuka daerah tertinggal di pedesaan untuk mencapai pemerataan pembangunan di wilayah HSU dan memperlancar jalur usaha tani menuju daerah perkebunan/pertanian dan perikanan yang ada di desa Sungai Karias Kecamatan Amuntai Tengah.

 

“Kita berharap, melalui kegiatan TMMD ini dapat menciptakan generasi muda yang potensial sebagai kader bela negara yang taat terhadap hukum dan cinta tanah air,” imbuhnya.

 

Setelah itu, dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) ke 120 TA. 2024 Kodim 1001/HSU di Lapangan Pahlawan Amuntai yang dipimpin oleh Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana secara resmi menutup kegiatan tersebut.

 

TMMD adalah untuk membantu Pemda guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun infrastruktur, serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kehidupan berbangsa maupun bernegara dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

 

“Berkenaan dengan telah selesainya pelaksanaan TMMD pada hari ini saya mengucapkan terima kasih. Saya berharap kegiatan imi dapat dirasakan oleh masyarakat, begitu pula dengan kegiatan tambahan dapat memberikan manfaat ke masyarakat,” pungkasnya.

 

Di akhir penutupan dibuka juga pasar murah yang bekerjasama dengan Diskuperindag dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSU, serta Wadai (gratis) yang diserbu oleh masyarakat.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait