Pemkab Kotim Berduka Kades Gunung Makmur Wafat

Teks foto: Kepala DPMD Kotawaringin Timur, Raihansyah (pakai kacamata) turut hadir di pemakaman Kepala Desa Gunung Makmur, Kristanto yang wafat karena sakit, Sabtu (8/6/2024). (Foto: Istimewa/DPMD Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Suasana duka menyelimuti Pemerintah Kabupaten Kotawaringin (Pemkab Kotim), Sabtu (8/6/2024). Kepala Desa Gunung Makmur, Kecamatan Antang Kalang, Kristanto wafat lantaran terkena serangan jantung.

Kabar duka itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim, Raihansyah. Raihansyah mewakili Bupati Kotim Halikinnor dan atas nama pemerintah daerah, juga datang ke pemakaman almarhum Kristanto.

Bacaan Lainnya

“Pemkab kotim turut berduka cita. Bupati menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Pak Kristanto. Kita kehilangan salah satu putra terbaik. Semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kesabaran,” kata Raihansyah.

Kristanto wafat dalam usia 49 tahun. Almarhum seharusnya menjabat hingga 2026, namun Allah berkehendak lain dan memanggil almarhum di masa pengabdiannya sebagai kepala desa aktif.

Raihansyah mengaku turut merasa kehilangan atas kepergian almarhum. Almarhum cukup aktif berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dalam rangka percepatan pembangunan di desanya. Tidak berlebihan jika di bawah kepemimpinannya, Desa Gunung Makmur mengalami kemajuan dan meraih banyak prestasi.

Banyak prestasi ditorehkan selama Kristanto memimpin Desa Gunung Makmur. Sejumlah prestasi itu di antaranya juara lomba desa kategori wilayah tahun 2023 dan terpilih sebagai desa keterbukaan informasi publik.

Menjelang akhir hayatnya, Kristanto getol memperjuangkan pembangunan puskesmas di desanya. Tujuannya tentu untuk mempermudah dan memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat desanya.

Untuk mewujudkan itu, Kristanto bahkan rela menghibahkan tanahnya sekitar satu hektare untuk lokasi pembangunan puskesmas. Penyerahan hibah itu disampaikan kepada Bupati Halikinnor saat Safari Ramadhan di Desa Bakti Mulia pada Sabtu (30/3/2024) lalu.

“Pesan almarhum, pemerintah daerah diharapkan mewujudkan pembangunan puskesmas itu. Mudah-mudahan di tahun 2025, puskesmas tersebut terwujud sehingga menjadi amal jariyah untuk beliau,” ujar Raihansyah.

Sementara itu untuk mengisi kekosongan kepemimpinan pemerintahan Desa Gunung Makmur sepeninggal Kristanto, pemerintah daerah segera menunjuk seorang penjabat kepala desa. Harapannya, pemerintahan di Desa Gunung Makmur tetap berjalan dengan baik hingga nanti ada kepala desa definitif yang dilantik.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait