Pemko Banjarmasin diminta serius awasi Netralitas ASN

Teks: Tugiatno(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui instansi terkait, diminta untuk benar-benar serius dalam mengawasi dan menjaga netralitas para aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintah kota setempat.

 

Bacaan Lainnya

“Karena pada tahun ini merupakan saat akan dilaksanakannya pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Jadi harus dijaga betul,” ujar Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Tugiatno, kepada wartawan.

 

Menurutnya, pengawasan tersebut terutama perlu dilakukan pihak Badan Kepegawaian Daerah setempat, menjaga adanya sikap atau perilaku ASN yang dinilai tidak seimbang dan netral.

 

“Sebab bagi ASN, dilarang ikut memihak atau mendukung salah-satu calon yang ikut dalam pemilihan kepala daerah,” ungkapnya.

 

Terlebih ingatnya, jangan sampai ada ASN secara terang-terangan menjadi pendukung atau tim sukses salah satu calon.

 

“Ini bahkan harus mendapatkan sanksi, karena sudah jelas melanggar ketentuan dan etika pegawai,” tegas politisi yang aktab disapa Tugit ini.

 

Disisi lain bebernya, keberpihakan ASN dalam proses pemilihan kepala daerah tentu dapat menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kualitas pelayanan pemerintahan dan daerah ini sendiri.

 

Bahkan tekannya, dapat berpengaruh pada proses pelayanan kepada masyarakat. “Apalagi kalau dalam pelayanan ke masyarakat, ada sentimen atas dukungan calon tentu. Maka itu pasti mempengaruhi kualitas pelayanan itu sendiri,” sebutnya.

 

Diharapkan inginnya, menjelang hingga saat pelaksanaan Pilkada tahun 2024 ini, dapat berjalan dengan baik, kondusif, sukses dan lancar.

 

“Hingga proses pemilihan kepala daerah mendapatkan hasil pemimpin yang benar-benar dikehendaki dan tepat bagi kemajuan daerah ini,” tutupnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait