Ketua DPRD dukung Banjarbaru jadi kota metropolitan di Kalsel

Teks foto Rapat paripurna dengan agenda penyampaian rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.(ist)(kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com– Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah mendukung Banjarbaru menjadi Kota Metropolitan dengan status sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan pada 20 tahun mendatang.

 

Bacaan Lainnya

“Kami mendorong terwujudnya Kota Banjarbaru menjadi metropolitan di Kalsel melalui rancangan peraturan daerah tentang RPJPD yang siap dibahas dan ditetapkan menjadi perda,” ujar Fadliansyah di Banjarbaru belum lama tadi.

 

Menurut Fadliansyah, pihaknya bersama anggota DPRD periode 2019-2024 siap membahas draf Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang disampaikan Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin pada Rapat Paripurna.

 

Fadliansyah menekankan raperda yang akan disahkan menjadi perda tersebut sebagai acuan bagi kepala daerah selama kurun waktu 20 tahun ke depan dalam membangun Banjarbaru menuju kota metropolitan.

 

“Pembahasan raperda sekarang dan disahkan menjadi perda selama periode anggota DPRD 2019-2024, sedangkan penerapannya tentu akan direalisasikan kepala daerah yang menjabat,” ungkapnya.

 

Ditekankan Fadliansyah, pihaknya sangat mendukung visi menjadikan Banjarbaru Kota Metropolitan di Kalsel dengan berbagai kelebihan yang dimiliki dan diharapkan mampu menyejahterakan masyarakat.

 

“Kami tentu sangat mendukung visi pembangunan Banjarbaru 20 tahun ke depan sebagai kota metropolitan yang maju di berbagai bidang, juga sejahtera dan berkelanjutan dalam perencanaannya,” ucap Fadliansyah.

 

Sebelumnya, Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 pada Rapat Paripurna, Senin.

 

 

“Raperda RPJPD berisi visi dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang daerah 20 tahun ke depan sebagai Kota Metropolitan, maju dan berkelanjutan,” ucap Aditya usai rapat paripurna DPRD.

 

Aditya menuturkan, visi diwujudkan melalui sasaran yakni peningkatan pendapatan perkapita, pengentasan kemiskinan peningkatan daya saing daerah serta penurunan emisi gas rumah kaca menuju Net Zero Editon.

 

Aditya menekankan, Kota Banjarbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Kalsel diharapkan memiliki infrastruktur maju dan cerdas, jadi pusat kegiatan ekonomi, sosial dan budaya, serta kemajuan teknologi informatika.

 

“Selain itu, memiliki jati diri kuat, infrastruktur maju, menjadi pusat ekonomi, sosial, budaya, serta memiliki teknologi informatika yang melayani masyarakat sehingga nyaman bagi warganya,” kata Aditya.

 

Ditambahkan, melalui RPJPD tahun 2025-2045, diharapkan Banjarbaru tumbuh dan berkembang menjadi kota yang maju, berdaya saing, dan sejahtera, sesuai visi dan misi yang telah dirumuskan bersama.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait