Bangun Jiwa Nasionalisme, TMMD Tanah Bumbu Sosialisasi Wasbang kepada Siswa SMPN 2 Karang Bintang

Teks foto: TMMD Kodim 1022/Tanah Bumbu saat memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Siswa-Siswi SMPN 2 Karang Bintang, Selasa (28/05). (Foto: Ist/Pendim Tanah Bumbu)(kalselpos.com)

Tanah Bumbu, kalselpos.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bukan sekedar melaksanakan pekerjaan fisik, namun

pelaksanaan non fisik juga menjadi hal yang paling utama.

Bacaan Lainnya

 

Salah satunya berupa sosialisasi wawasan kebangsaan (Wasbang)

yang dilaksanakan Satgas TMMD ke-120 Kodim 1022/Tanah Bumbu

kepada siswa-siswi SMPN 2 Karang Bintang, Selasa (28/05/2024).

 

Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Boni Berdian, S.E diwakili Pasi Ter Kodim 1022/Tanah Bumbu Kapten Inf Wahyono menyampaikan, bahwa pemahaman Wasbang sangat penting untuk membangun generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki jiwa nasionalisme dan ini harus disadari bagi setiap orang, khususnya bagi generasi millennial karena hal ini merupakan bentuk rasa cinta terhadap NKRI.

 

“Sehingga akan dapat mewujudkan generasi muda yang selalu siap menghadapi tantangan di masa depan, khususnya di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.

 

Sedangkan melalui pembinaan mental rohani, sambungnya, dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas serta mempertinggi moral budi pekerti sehingga mampu meningkatkan harkat dan martabat sebagai manusia.

 

“Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri, lingkungan dan tanah airnya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila,” jelas Kapten Inf Wahyono

 

Ditegaskannya, di era milenial seperti saat ini, sangatlah penting menanamkan pemahaman wawasan kebangsaan pada diri generasi muda karena sumber potensial di masa yang akan datang.

 

Generasi muda merupakan potensi bangsa yang dipersiapkan untuk dapat berprestasi dan memberikan sumbangan nyata bagi pembangunan bangsa dan negara.

 

“Bila pemahaman wawasan kebangsaan meningkat maka keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI akan menjadi kuat karena dengan sadar muncul semangat dan dorongan hati untuk mencintai tanah air, membela dan menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait