Sarang Tawon Vespa di Sekolah berhasil Dievakuasi Petugas Dinas Pol-PP dan Damkar HSU 

Teks foto: Petugas Damkar berhasil mengevakuasi sarang tawon Vespa di sekolah.(ist)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Petugas Damkar Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berhasil mengevakuasi sarang tawon Vespa di sebuah sekolah.

 

Bacaan Lainnya

Sarang tawon vespa berhasil dievakuasi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang berukuran sedang di dalam dinding Sekolah MTS NU Zadul Ma’ad, Desa Galagah, Kecamatan Sungai Tabukan, dievakuasi, sekitar pukul 09.00 Wita.

 

Kasat Pol PP dan Damkar HSU Asikin Noor melalui Kabid Linmas dan Damkar Barkat Syahrul Kalam mengungkapkan, pihak Damkar HSU membenarkan evakuasi sarang tawon vespa.

 

Sarang tawon itu diketahui sehari sebelum evakuasi, sebab ada satu siswa kelas VII disengat tawon.

 

“Kemudian pihak sekolah melakukan pemantauan, ternyata tawon tersebut bersarang di dalam dinding kelas sekolah,” terangnya, Rabu (15/05/2024).

 

Merasa khawatir, pihak sekolah melaporkan hal tersebut ke petugas Damkar HSU untuk dilakukan evakuasi. Evakuasi sarang tawon itu dengan cara membor dinding lalu dimasukkan alat pengasapan.

 

Berkat bersyukur pihak sekolah cepat melaporkan kejadian tersebut sehingga korban dari sengatan tawon ini dapat diminimalisir.

 

“Alhamdulillah cepat evakuasi, tidak ada korban tambahan,” pungkasnya.

 

Sementara, Staf Edy Damkar HSU menambahkan, evakuasi dilakukan pertama pada Senin malam, tetapi belakangan diketahui masih ada tersisa sarang.

 

“Evakuasi dilakukan 2 kali, Senin 13 Mei sekira pukul 22.00 Wita dan Selasa pagi 14 Mei pukul 09.00 Wita,” tambah Edy yang juga dari tim Animal Rescue ini.

 

Dalam upaya evakuasi sarang tawon tersebut, empat petugas Damkar HSU diterjunkan untuk ikut membantu proses pengambilan sarang.

 

Menurut keterangan Edy, sarang tersebut terbentuk sejak 3-4 bulan lalu, karena sudah lumayan cukup besar.

 

Penulis: adiyat

Editor: wandi

 

Teks foto: Petugas Damkar berhasil mengevakuasi sarang tawon Vespa di sekolah.(ist)

Pos terkait