Pemkab Balangan kembangkan pariwisata lewat Inovasi Ceriwis Bang

Teks foto Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan “Ceriwis Bang” bersama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Sekretariat Pokdarwis Baruh Bahinu Binjai Bersinar, Kecamatan Paringin Selatan.(ist)(kalselpos.com)

Paringin, kalselpos.com-Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan menggulirkan program “Cerita Wisata Bersama Pokdarwis Balangan” (Ceriwis Bang) sebagai upaya mengembangkan sektor pariwisata.

“Program ini merupakan langkah kita untuk lebih meningkatkan daya tarik wisata dan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Balangan,” kata Plt. Kepala Disporapar Kabupaten Balangan Melda Risda Elfa di Balangan belum lama tadi.

Bacaan Lainnya

 

Melda menuturkan “Ceriwis Bang” bukan hanya sekadar acara biasa, melainkan kesempatan emas untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan mengembangkan pariwisata di Balangan.

Pada kegiatan itu, Melda menyebutkan pihaknya menerima dan mempertimbangkan secara serius setiap usulan maupun saran dari para anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) terkait kemajuan pariwisata.

Menurut Melda, setiap usulan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan saat mengalokasikan anggaran tahunan, dan ini sejalan dengan komitmen Disporapar untuk mendukung pengembangan pariwisata secara berkelanjutan di Kabupaten Balangan.

“Kami akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap setiap saran dan masukan yang diberikan, karena kami sadar pentingnya kerja sama lintas sektor dalam pengembangan pariwisata,” tutur Melda.

Melda mengungkapkan Pokdarwis juga memberikan berbagai usulan beragam, seperti peningkatan fasilitas hingga perbaikan infrastruktur pendukung, salah satunya akses perbaikan jalan dan jembatan menuju destinasi wisata.

 

Sementara itu, Analis Kebijakan Sub Pengadaan/Pemeliharaan Rehabilitasi dan Sapras Disporapar Balangan Kristie sangat berharap kegiatan ini dapat menjadikan Pokdarwis Balangan untuk terus berinovasi dan berbenah agar membangun destinasi wisata yang lebih baik dan berkualitas ke depannya.

“Melalui kegiatan ini sangat kita harapkan para Pokdarwis dapat terus berbenah, agar ke depannya pariwisata kita lebih baik dan berkualitas,” harap Kristie.

Kristie menambahkan mengenai penilaian pihaknya terhadap pariwisata yaitu mengikuti prinsip tujuh sapta pesona, dimana setiap aspek memiliki kriteria tertentu yang harus dipenuhi untuk mencapai hasil yang optimal.

Diketahui, saat ini Kabupaten Balangan memiliki sebanyak 30 destinasi wisata menarik, dan 11 di antaranya sudah dikelola Pokdarwis  di setiap wilayahnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait