Sekda Kotabaru pimpin Apel Peringatan Hardiknas 2024 di Siring Laut

Teks : Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Drs. H. Said Akhmad Assegaf, MM memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 yang dilangsungkan di Lapangan Siring Laut, Kamis (02/05/2024) pagi kemarin.(kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Drs. H. Said Akhmad Assegaf, MM memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 yang dilangsungkan di Lapangan Siring Laut, Kamis (02/05/2024) pagi kemarin.

 

Bacaan Lainnya

Upacara Hardiknas tersebut mengangkat tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Tema kali ini masih merupakan lanjutan dari program Merdeka Belajar yang diusung dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Dalam pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah H. Said Akhmad menyampaikan, peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek, dimana menjadi pemimpin dari Gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan yang miliki untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

 

“Mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan yang mana rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” ucapnya.

 

Kepada seluruh masyarakat dan pimpinan dalam rangka membangun dunia pendidikan untuk mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis,

 

“Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” terangnya.

 

“Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama kini kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak dan wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” demikian ungkapnya.

 

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas dan sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya serta kita juga menyaksikan para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan

kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” tambahnya pula.

 

“Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin Gerakan Merdeka Belajar namun lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai semua yang telah di jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” katanya lagi.

 

Lebih jauh diungkapkannya pula,

waktu yang bergulir membawa pada akhir masa pengabdian sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi namun, ini bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar.

 

“Dengan penuh ketulusan saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” tutupnya.

 

Diakhir acara penyerahan penghargaan Hardiknas 2024 kepada 26 orang, diantaranya kepada Tahta Syam Utama Persyada dari SMKN 1 Kotabaru dengan Prestasi Medali Emas Kejuaraan Taekwondo Academy 2024 Poomsae Master Class U40 tingkat Nasional di Jakarta. Penghargaan kepada Syifa Yumna Rahman dari TK.

 

Adapun Aisyah meraih juara 2 di Kejuaraan Nasional Pushbike Banua X Victory. Nessa Sabrina Dewi dari SMPN 7 Kotabaru meraih penghargaan sebagai peserta Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Nasional 2024 mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dan Shofi Salsabila dari SMPN 3 Kelumpang Tengah dalam meraih Semifinalis Banua Mathematic Olympiad 2024.

 

Penghargaan tersebut di serahkan langsung oleh Sekda Kotabaru yang didampingi Forkopimda, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Perlu diketahui bahwa Merdeka Belajar merupakan program yang dicanangkan oleh Nadiem Makarim sebagai Mendikbudristek RI untuk merevolusi sistem pendidikan di tanah air.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait