Tarif Parkir naik, Dishub dan pengelola diminta sampaikan ke Masyarakat

Teks : Bambang Yanto Permono (kalselpos.com)

BANJARMASIN,kalselpos.com – Sejak tanggal 1 April kemarin, tarif parkir di Kota Banjarmasin telah resmi mengalami kenaikan yang awalnya roda dua Rp2.000,- naik menjadi Rp3.000, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Pihak DPRD Banjarmasin berharap, agar masyarakat bisa menerima dan tidak terlalu merasa diberatkan dengan kenaikan tarif ini.

Bacaan Lainnya

“Ya, sesuai dengan aturan, seharusnya kan per Januari. Tapi, kami minta ada sosialisasi dulu dan akhirnya berlaku April,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin, Bambang Yanto Permono, kepada wartawan.

“Dengan kenaikan ini semoga tidak memberatkan masyarakat,” imbuhnya.

Kemudian katanya, bagi Dinas Perhubungan dan pihak pengelola parkir diminta untuk dapat memberikan informasi yang baik ke masyarakat. Supaya pengguna jasa parkir ini tidak kaget dan keberatan.

“Haruslah ada plang informasi di kantong-kantong parkir, agar masyarakat yang belum tahu jadi tahu,” ungkapnya.

Bambang menjelaskan, perubahan tarif retribusi ini sudah sewajarnya dilaksanakan. Sebab, kurun waktu 12 tahun terakhir tidak mengalami perubahan.

“Harus pula diiringi dengan pelayanan yang diberikan oleh pengelola parkir semakin meningkat,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Slamet Begjo mengatakan, sosialisasi terkait kenaikan tarif parkir sudah dilakukan sejak lama.

“Iya, per 1 April sesuai dengan kesepakatan. Sosialisasi sudah kita lakukan sejak dulu dan tidak ada lagi toleransi. Spanduk juga akan kita buat,” terang Slamet Begjo.

Kebijakan ini seusai Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pajak dan Retribusi Daerah, telah selesai dilaksanakan oleh Dishub Banjarmasin.

“Seluruh kantong parkir di Banjarmasin terhitung 1 April 2024 resmi menaikkan nilai retribusinya, yang awalnya Rp2.000,- naik menjadi Rp3.000, untuk roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat,” tutupnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait