Masyarakat Diimbau Skrining PTM Usai Lebaran

Teks foto: Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni. (Foto: Ist/Ant/Irfan)(kalselpos.com)

Tangerang, kalselpos.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengimbau masyarakat agar melakukan skrining penyakit tidak menular (PTM) di seluruh fasilitas kesehatan terdekat usai Lebaran 2024.

“Skrining PTM ditujukan untuk melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM,” kata Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni, di Tangerang, Selasa (16/4).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan kegiatan ini menyasar perilaku seperti merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, obesitas, stres, konsumsi minuman beralkohol, hipertensi, hiperglikemi, dan hiperkolesterol.

“Tak terkecuali, menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan untuk segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan lebih lanjut,” ujarnya.

Ia mengimbau seluruh pemudik agar memastikan kondisi kesehatannya fit sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari. Pasalnya, berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya, dengan kondisi tubuh yang lelah, tidak menutup kemungkinan munculnya penyakit-penyakit yang perlu ditangani dengan baik.

“Masyarakat juga bisa ikut berperan aktif dalam melaporkan masalah kesehatan di lingkungan yang memerlukan perhatian khusus dari petugas kesehatan. Khususnya, penyakit-penyakit yang mungkin timbul usai Lebaran,” katanya.

Di Kota Tangerang tersedia 20 Puskesmas UGD, 17 Puskesmas poned, dan 34 rumah sakit yang dapat dimanfaatkan masyarakat, sesuai dengan kepesertaan BPJS
Kesehatan masing-masing.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait