Banyaknya pasangan Bukan Pasutri diamankan di bulan Ramadhan, Ini tanggapan Ketua Komisi Fatwa MUI Banjarmasin

Teks Foto : HM Syarif Fahriyadi, Ketua Komisi Fatwa MUI Kota Banjarmasin(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com– Maraknya pasangan di luar nikah yang beberapa waktu lalu diamankan oleh Polresta Banjarmasin dan Polsek jajaran di salah satu hotel maupun penginapan yang ada di kota Banjarmasin.

Salah satunya empat pasangan yang terjaring serta ada empat orang dalam satu kamar diamankan diduga terindikasi menggunakan narkoba, oleh Polsek Banjarmasin Timur, Minggu (17/3/24) lalu.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Polsek Banjarmasin Tengah juga mengamankan lima pasangan bukan suami isteri (bukan pasutri) di Hotel Pelangi Indah Jalan Sutoyo S Teluk Dalam, Guest House Samudera Jalan P. Samudera, dan Hotel Raya Rindang di Jalan Hasanuddin HM, beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, HM Syarif Fahriyadi, Ketua Komisi Fatwa MUI Kota Banjarmasin saat dikonfirmasi kalselpos.com, Kamis (21/03) siang, mengatakan hal tersebut terjadi dikarenakan minimnya pendidikan agama di lingkungan rumah tangga.

“Para orangtua banyak yang lalai dalam menjalankan amanah dari Allah SWT untuk menanamkan rasa takut kepadaNya di hati putera puteri mereka,” ucapnya.

H.M Syarif Fahriyadi juga mengingatkan, agar para orang tua yang menganggap kewajiban mereka hanya bukan sekedar mencarikan nafkah saja.

“Padahal lebih dari itu setiap orang Muslim yang dikaruniai anak juga diwajibkan untuk membimbing mereka agar menjadi hambaNya yang bertaqwa, ” himbaunya.

Selain itu ia juga menambahkan, orang tua juga turut serta jangan lupa untuk mengajarkan batasan pergaulan antara laki dan perempuan yang bukan mahramnya, dan senantiasa melakukan pengawasan agar sang anak tidak melanggar batas-batas itu.

“Bahkan terkait dengan konteks bulan Ramadhan yang suci ini, tak sedikit orang tua masa bodoh dengan perilaku anaknya, salah satunya apakah anak menjalankan ibadah puasa ataukah tidak, ” tegasnya.

“Terkait hal ini menurut saya sangat penting peranan orang tua dalam melakukan pengawasan serta memberikan pembelajaran agama dan tidak hanya mencari nafkah saja, ” pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait