Tekan Angka Stunting lewat Inovasi Berani Gesit

Teks foto Kegiatan sosialisasi ke sekolah oleh Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Balangan.(ist)   

Paringin, kalselpos.com– Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan Bidang Ketahanan Pangan menghadirkan sebuah inovasi Berani Gesit (B2SA) Sejak Dini Untuk Generasi Bebas Stunting.

Inovasi yang di inisiasi pada tahun 2023 telah diuji coba dan di luncurkan pertama kali di SMP N 4 Paringin 6 November lalu.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan amanat UU No 18 Tahun 2012 tentang pangan menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dan mendukung hidup sehat, aktif dan produktif dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta sesuai dengan potensi dan kearifan lokal.

Inovator dari Berani Gesit, Aisyah, mengatakan bahwa inovasi ini dibentuk guna menjalankan Perpres Nomor 17 tahun 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi.

“Kita bentuk inovasi ini sebagai wujud dari Perpres nomor 17 tahun 2015,” jelasnya belum lama tadi.

Adapun metode yang dilakukan dalam mekanisme inovasi Berani Gesit, lanjut Aisyah, adalah dengan mengunjungi sekolah-sekolah dari tingkat dasar hingga tingkat atas.

“Kita datangi langsung ke sekolah-sekolah dari berbagai tingkatan yang ada di Kabupaten Balangan,” lanjutnya.

Ia berharap dengan adanya inovasi Berani Gesit dapat menyebarkan informasi tentang pentingnya memperhatikan konsumsi harian setiap individu.

“Kita berharap gizi seimbang dan proporsi makanan yang B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) Juga menjadi perhatian penting, anak-anak sejak dini harus mengetahui proporsi konsumsi makanannya,” harapnya.

Selain melakukan promosi, penyampaian informasi melalui Inovasi Berani Gesit pihaknya juga melakukan pemulaian pembiasaan Konsumsi yang B2SA dengan membagikan konsumsi dengan Konsep B2SA agar anak-anak mulai mengenal dan menerapkan MABAR (Makan Benar) disetiap sekolahan yang di datangi.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait