BPBD Balangan Sosialisasikan Penanggulangan Bencana Kebakaran di TK Pembina Batumandi

Teka foto BPBD Balangan memberikan sosialisasi dan simulasi di TK Pembina Batumandi.(ist)

Paringin, kalselpos.com – BPBD Balangan kembali menyasar anak usia dini dalam rangka pengenalan tentang bencana terutama bahaya kebakaran. Kali ini BPBD Balangan memberikan sosialisasi dan simulasi di TK Pembina Batumandi belum lama tadi.

 

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut BPBD Balangan memaparkan tentang penyelamatan diri ketika ada kebakaran, praktek pemadaman api skala kecil menggunakan apar, serta praktek pemadaman api mengunakan mobil unit damkar.

 

Kemudian memperkenalkan peralatan dan perlengkapan pemadam kebakaran, sebab-sebab timbulnya kebakaran dan cara menanggulangi bila terjadi kebakaran, juga di adakan demo penyemprotan air serta sesi foto bersama petugas damkar dan mobil pemadam kebakaran.

 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Jumaidil Hairi, mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak usia dini, serta memberikan suasana baru dalam pembelajaran, yaitu tentang bahaya api dan upaya penanggulangannya apabila terjadi kebakaran.

 

“Selain untuk meningkatkan perilaku prososial anak, kegiatan simulasi kebakaran juga memiliki dampak untuk memperlihatkan kepada anak bagaimana cara pencegahan terhadap kebakaran yang sewaktu-waktu dapat terjadi sehingga anak dapat siap melakukan pencegahan dan mengambil tindakan yang tepat saat bencana itu terjadi,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengharapkan, melalui kegiatan pembelajaran simulasi ini menjadi salah satu upaya preventif edukatif untuk mencegah bencana kebakaran. Tidak menutup kemungkinan, kebakaran terjadi akibat ketidaktahuan anak-anak.

 

“Selain itu, mereka juga bisa peka terhadap hal-hal yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Misalnya kabel yang terkelupas, kompor gas, korek api, lilin, petasan, dan kembang api,” pungkasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait