Disdukpencapil Tanbu Lakukan Jemput Bola Penerbitan Akta Kematian

Teks foto: Disdukpencapil Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pelayanan penerbitan akta kematian di Desa Sungai Cuka, Kecamatan Satui. (Istimewa)

Batulicin, Kalselpos.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan pola layanan jemput bola untuk penerbitan akta kematian, beberapa hari lalu.

Kepala Disdukpencapil Tanbu, Gento Hariyadi mengatakan pelayanan maksimal terus diberikan Pemkab Tanbu kepada masyarakatnya.

Bacaan Lainnya

“Belum lama tadi melakukan “jemput bola” pelayanan penerbitan akta kematian hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) KPU,” kata Gento.

Kegiatan pelayanan dengan mendatangi warga secara langsung tersebut dilaksanakan di Desa Sungai Cuka, Kecamatan Satui.

Pelayanan jemput bola ini, kata Gento, dalam rangka penerbitan akta kematian terutama warga yang telah meninggal tapi tidak memiliki akta kematian.

“Kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan pencapaian presentasi akta kematian,” terangnya.

Gento menambahkan, kegiatan layanan jemput bola ini akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan lagi untuk bisa memenuhi capaian presentasi yang ditargetkan oleh Ditjen Adminduk Kementerian Dalam Negeri.

Disdukpencapil Tanbu akan terus membangun kerjasama dengan Kecamatan dan Desa dalam pelayanan langsung. Tracking data kepemilikan akta kematian dan akta kelahiran. Coklit sampai di tingkat desa terus dilaksanakan dan menjadi sangat penting dalam upaya pelayanan yang prima dan menuju Tanbu yang tertib administrasi kependudukan.

“Memberikan pemahaman akan arti pentingnya kelengkapan kepemilikan dokumen kependudukan juga menjadi target kami saat terjun kelapangan langsung,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukpencapil Tanbu Nurman, mengatakan pelayanan di Desa Sungai Cuka, ada sebanyak 30 orang yang diterbitkan akta kematiannya.

Pelayanan jemput bola bagi pasangan non muslim seperti ini akan dilaksanakan juga di desa-desa lainnya.

“Dalam waktu dekat, juga melakukan pelayanan yang sama di Desa Sinar Bulan dan Desa Satui Timur, Kecamatan Satui. Kemudian Desa Teluk Kepayang dan Desa Darasan Binjai Kecamatan Teluk Kepayang. Desa Angsana, Desa Purwodadi, dan Desa Karang Indah Kecamatan Angsana,” sebutnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait