Pemkab Barsel Distribusikan Bansos ke Sejumlah Desa Terdampak Banjir

Teks foto: Pj Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan menyerahkan bansos kepada masyarakat terdampak banjir di Kelurahan Rantau Kujang, kecamatan Jenamas, Kamis (25/1). (Foto: Ist/Ant)(kalselpos.com)

Buntok, kalselpos.com
Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel), Kalimantan Tengah mendistribusikan bantuan sosial ke sejumlah desa terdampak banjir di dua kecamatan di wilayah setempat.

Penjabat (Pj) Bupati Barsel, Deddy Winarwan mengatakan, bantuan sosial (bansos) yang didistribusikan yakni ke sejumlah desa yang tersebar di Kecamatan Dusun Hilir dan Jenamas.

Bacaan Lainnya

“Dalam pendistribusian bantuan sosial pada sejumlah desa di dua kecamatan ini dibagi menjadi dua tim,” katanya saat meninjau kondisi banjir dan menyerahkan bantuan sosial di Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas, Kamis (25/1/2024).

Dikatakannya, untuk pendistribusian bansos di Kecamatan Jenamas ini dipimpin langsung dirinya, sedangkan pendistribusian bansos di wilayah Kecamatan Dusun Hilir dipimpin Sekda Barsel, Eddy Purwanto.

Dia menerangkan untuk Kecamatan Jenamas ada sebanyak empat desa dan satu kelurahan yang terendam banjir. Meliputi Kelurahan Rantau Kujang, Desa Tabatan, Tampulang, Rangga ilung, dan Rantau Bahuang.

Pada empat desa dan satu kelurahan tersebut, ada sebanyak 400 rumah yang terdiri dari 2.815 Kepala Keluarga atau 9.516 jiwa yang terdampak banjir di kecamatan ini.

“Dampak banjir ini terjadi secara masif, sehingga saya harus turun mengajak jajaran bersama camat dan forum koordinasi pimpinan kecamatan serta puskesmas untuk bersama-sama menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat,” ujarnya.

Disamping mendistribusikan bansos, dalam peninjauan tersebut, pihaknya juga membawa tenaga kesehatan, dokter, bidan dan perawat untuk melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terdampak banjir pada sejumlah desa.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan menjaga keluarganya masing-masing serta tetap berhati-hati,” jelasnya.

Deddy meminta apabila ada permasalahan apapun terkait dengan banjir agar segera dilaporkan ke lurah/kepala desa melalui RW dan RT, yang selanjutnya disampaikan kepada camat, sehingga bisa segera ditindaklanjuti hingga ke kabupaten.

Selain itu ia juga menyampaikan, untuk penyaluran bansos tersebut tidak bisa diselesaikan semuanya dalam satu hari, sehingga dilakukan bertahap. Lantaran jumlah desa terdampak banjir di Barito Selatan berjumlah 56 desa.

“Meski demikian, kita akan terus melaksanakan pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk bansos ini. Begitu pengadaan bansos tersebut selesai dilaksanakan, maka bansos segera kita distribusikan kepada masyarakat terdampak banjir di daerah ini,” jelasnya.

Sebelum mendistribusikan bansos pada dua kecamatan ini, pada hari sebelumnya, penjabat bupati juga telah menyalurkan bansos pada sejumlah desa di Kecamatan Dusun Selatan, Karau Kuala hingga Dusun Utara.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait