Rumah Sakit Datu Kandang Haji siap Layani Konsultasi Jiwa bagi Masyarakat

Teks foto Direktur RSDKH Balangan drg. Sudirman.(ist)

Paringin, kalselpos.com – Rumah Sakit Umum Daerah Datu Kandang Haji (RSDKH) Balangan siap memberikan fasilitas berupaya pelayanan kejiwaan bagi masyarakat yang terindikasi mengalami depresi atau gangguan jiwa.

 

“Selama ada dokter jiwa kita harus melayani semua pasien, termasuk pasien-pasien yang terindikasi mengalami gangguan jiwa akibat gagal pada Pemilu 2024 nanti,” kata Direktur RSDKH Balangan drg. Sudirman belum lama tadi

 

Sudirman menuturkan, untuk kapasitas ruang rawat inap juga tersedia sebanyak 100 buah sesuai dengan tipe C dari rumah sakit sendiri.

 

Sudirman menerangkan, untuk ciri-ciri seseorang mengalami gangguan jiwa ringan atau sedang bisa merasakan perilaku yang berbeda mulai dari cemas, jantung berdebar, sakit kepala hingga keluhan di saluran cerna.

 

Sementara pasien dengan gejala gangguan jiwa berat, akan menunjukkan perilaku yang tidak biasa seperti perilaku normalnya sehari-hari.

 

“Potensi terjadinya gangguan jiwa juga sangat tergantung pada berbagai hal, penyebabnya yaitu bisa faktor genetik, pola asuh, psikologis serta sosial lainnya,” terang Sudirman.

 

Oleh karena itu lanjutnya, tidak semua Caleg nantinya dapat berpotensi mengalami gangguan jiwa jika mereka gagal dalam Pemilu 2024 nanti, karena mereka sendiri yang akan menentukan kesiapannya masing-masing.

 

Terakhir ungkap Sudirman, RSDKH Balangan juga menyediakan layanan konsultasi melalui daring bagi Caleg yang merasa malu untuk menanyakan kondisi kejiwaannya usai mengikuti Pemilu 2024, karena layanan ini bisa mengobservasi terlebih dahulu kondisi psikis seseorang.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait