Raperda APBD tahun 2024 Pemerintah Kabupaten HSU Disepakati

Teks foto: Pemerintah Kabupaten HSU dan DPRD HSU akhirnya menyepakati terkait Raperda APBD Tahun 2024. (diskominfosandi)

Amuntai, kalselpos.com– Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan Anggaran dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 disepakati antara Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan DPRD setempat.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara antara DPRD HSU dengan Pj Bupati HSU Kabupaten rapat Paripurna DPRD HSU dengan agenda ‘Pengambilan Keputusan Persetujuan Bersama atas diajukannya Raperda tentang APBD Tahun 2024, di DPRD Kabupaten HSU, Selasa (28/11).

Bacaan Lainnya

Pj Bupati HSU, Zakly Aswan, menyambut baik dengan disepakati dan disetujuinya Raperda ini menjadi Perda. Ia mengatakan, APBD adalah rencana keuangan tahunan daerah yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Karena bersifat perencanaan, maka seluruh alokasi anggaran yang kita cantumkan dalam APBD, baik alokasi anggaran pendapatan, belanja, dan pembiayaan, semuanya bersifat estimasi atau perkiraan, dengan ketentuan penetapan alokasi anggaran tersebut harus terukur, realistis, dan dapat dipertanggungjawabkan,” sampainya.

Dikatakannya, bahwa alokasi anggaran Pendapatan Daerah, estimasi bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pendapatan transfer, baik pendapatan transfer dari pemerintah pusat, maupun pendapatan transfer dari pemerintah provinsi.

“Sedangkan Belanja Daerah, sesuai dengan RAPBD yang kita sampaikan, alokasi belanja daerah akan kita gunakan untuk membiayai belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja transfer,” lanjutnya.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa untuk mematuhi ketentuan Pasal 112 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, maka sebelum Raperda tentang APBD tahun Anggaran 2024 ditetapkan. “Pemkab HSU akan menyampaikan ke Gubernur Kalimantan Selatan, untuk dimintakan persetujuan melalui mekanisme evaluasi, serta sekaligus dimintakan nomor register raperda sesuai ketentuan yang berlaku,” sebutnya.

Dalam kesepakatan tersebut, Pj Bupati juga menyampaikan hasil kesepakatan meliputi alokasi anggaran baik Pendapatan, Belanja, maupun Pembiayaan untuk APBD tahun anggaran 2024, dengan rincian sebagai berikut, Pendapatan Daerah Rp1 Triliun 369 Miliar 771 Juta 817 Ribu 685, Belanja Daerah Rp1 Triliun 519 Miliar 526 Juta 800 Ribu 879, Defisit Rp149 Miliar 754 Juta 983 Ribu 194

Kemudian terkait, pembiayaan daerah, meliputi, penerimaan Rp263 Miliar 960 Juta 404 Ribu 849, pengeluaran Rp114 Miliar 205 Juta 421 Ribu 655, pembiayaan netto Rp149 Miliar 754 Juta 983 Ribu 194.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait