Dukcapil Tanbu Buka Program Layanan “Sipetir”

Teks foto: Kepala Dinas Disdukcapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi (berpeci) saat proses peluncuran program "Sipetir". (istimewa)

Batulicin, kalselpos.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Provinsi Kalimanatan Selatan, secara resmi membuka program sistem pelayanan terintegrasi atau “Sipetir”.

“Diluncurkannya program tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan publik terkait pendaftaran penduduk,” kata Kepala Dinas Dukcapil Tanbu Gento Hariyadi di Batulicin, Mumggu (26/11/2023) melalui selulernya.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, sejauh ini Dukcapil Tanbu telah mengeluarkan dua program unggulan dalam memberikan layanan kependudukan bagi masyarakat, yakni program “Detak-detik” atau desa tertib administrasi kependudukan.

Kemudian untuk selanjutnya, program “Sipetir”, yang mana program ini dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di Bumi Bersujud.

“Tentunya program ini akan lebih mudah dalam mengurus administrasi kependudukan yang mencakup data kelahiran dan kematian masayarakat,” Jelas Gento.

Lebih lanjut lagi, menurutnya program ini sangat mempermudah keperluan ataupun kebutuhan administrasi untuk masyarakat.

“Tak perlu repot repot lagi, cukup melapor ke rumah sakit sesuai syarat yang
diminta maka data kelahiran akan diterbitkan oleh petugas Dukcapil,” ujarnya.

Dukcapil terus bergerak melakukan inovasi dan kolaborasi terhadap kemudahan kualitas pelayanan publik untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan.

Melalui program “Sipetir”, pelayanan akan terintegrasi dengan desa, puskesmas dan rumah sakit, serta Dinas Kesehatan setempat.

“Kita ingin menyamakan persepsi, bahwa administrasi dokumen kependudukan dapat di tangani secara mudah, tepat, dan tanpa pungutan biaya,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait