Puluhan buruh ‘Serbusaka’ Datangi Disnakertrans Kotabaru

Teks: Puluhan orang perwakilan lima Federasi Aliansi Serikat Buruh Sawit Kalimantan (Serbusaka) menyampaikan aspirasi langsung ke Disnakertrans Kotabaru.

KOTABARU, kalselpos.com – Puluhan orang perwakilan dari lima Federasi Aliansi Serikat Buruh Sawit Kalimantan (Serbusaka) didampingi Partai Buruh mendatangi kantor Disnakertrans Kotabaru, untuk menyampaikan pernyataan sikap, dan diterima langsung Kepala Disnakertrans Kotabaru, Rabu (22/11/23).

Kepala Disnakertrans Kotabaru Sugian Noor mengatakan, mereka secara langsung menyikapi tentang penetapan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2024. “Ada tuntutan secara nasional 15 persen,
tetapi terikat pada peraturan pemerintah,” ujar Sugian Noor.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dalam PP 51 terkait surat edaran dari Menakertrans pada prinsipnya telah diputuskan oleh pemerintah pusat, maka hal itu dijalankan.

“Kami harus bisa mengamankan dan melaksanakan di daerah,
Karena pemerintah pusat sudah memiliki keputusan sifatnya tertulis dan jelas disitu untuk UMP,” ungkapnya.

Pihaknya lanjutnya, dengan berapa perwakilan Serikat Pekerja, Federasi yang terkait melaksanakan rapat bersama dan sudah memutuskan ada kenaikan UMP.

“Kotabaru insyaallah tertinggi di Kalsel dan kenaikannya cukup signifikan, walaupun untuk memuaskan Serikat Pekerja itu tidak mungkin,” tekannya.

“Tapi untuk level Kalsel, Kotabaru tetap yang terpilih untuk nominal nya tidak kita jelaskan tetapi yang jelas lebih tinggi dari UMP,” tegasnya.

Sementara bebernya, karena hal ini belum mendapat keputusan dari Bupati Kotabaru dan Gubernur Kalsel maka belum bisa disampaikan nominalnya.

“Saya berterima kasih kepada lima Federasi bahwa pembahasan UMP bisa berlangsung aman dan damai serta dikawal Serikat Pekerja karena membahasanya lebih enjoy,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait