Dampak karhutla kabut asap mulai kepung bandara di Kalsel

Teks foto : Jalan berkabut disekitar Bandara Syamsudin Noor (Fauzie)

Banjarmasin, kalselpos.com -Beberapa hari terakhir udara di wilayah Kalimantan Selatan khususnya dikawasan sekitar Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin nampak berkabut terutama pada pagi hari. Hal ini akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah itu, akibatnya pengguna jalan pun harus ekstra hati- hati saat melintasi jalan dikawasan itu.

 

Bacaan Lainnya

Kondisi udara berkabut terpantau pada Rabu (4/10) pagi dikawasan Jalan Akses Bandara Baru,Landasan Ulin Utara,kecamatan Landasan Ulin,Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan Jalan Gubernur Syarkawi. Kabut pekat menyelimuti para pengguna jalan yang melintas dijalan itu sejak subuh, jarak pandang pun menjadi terbatas sehingga mereka yang melintas harus memperlambat laju kendaraan. Bahkan banyak pula dari mereka yang melintas harus menyalakan lampu kendaraan.

Salah seorang pengguna jalan Dwi Agraini mengaku sangat terganggu dengan adanya kabut asap yang cukup pekat lantaran jarak pandang yang terbatas. Dirinya pun terpaksa harus berjalan dengan pelan dan menyalakan lampu kendaraan.
” Cukup terganggu karena berkendara harus berjalan perlahan lantaran jarak pandang yang sangat pendek,bahkan selain pelan lampu mobil pun harus dinyalakan agar bisa terlihat oleh pengguna jalan lainnya,” jelas
Dwi Anggraini Susanti.

Dia pun berharap kebakaran lahan dapat segera diatasi agar kondisi udara tidak semakin memburuk.

Senada dengan Suprapto, seorang pedagang gorengan yang berjualan dipinggir jalan dikawasan jalan tersebut yang juga turut merasakan dampak buruk dari kabut asap ini. Menurutnya jarak pandang dalam dua hari terakhir ini cukup pekat yaitu hanya berjarak kurang lebih lima meter saja.
” Kalau berkabut ini sudah terasa sejak sepekan lalu, namun kondisi yang sangat pekat baru sekitar dua hari terakhir ini, jarak pandang hanya 5 meter,” tandasnya.

Tak hanya di kawasan jalan Akses Bandara baru/Landasan Ulin Utara dan jalan syarkawi saja,kabut asap juga melanda kawasan jalan Ahmad Yani kilometer 17 hingga di Kecamatan Gambut.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait