Satgas TMMD Kodim 1003/HSS Genjot Pembangunan Jalan Dusun Paniungan

Teks foto : PENINGKATAN JALAN- Satgas TMMD ke 117 Kodim 1003 /HSS melakukan peningkatan jalan dengan material sirtu.(Kominfo/Kodim 1003)

Kandangan, kalselpos.com– Memanfaatkan kondisi cuaca yang panas dan terik, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1003/Hulu Sungai Selatan kebut pelaksanaan pengerasan jalan sepanjang 1.350 meter yang menjadi sasaran utama, di Dusun Paniungan, Desa Malilingin Kecamatan Padang Batung, Kamis (27/7).

Perwira Sekti Teritorial (Pasiter) Kodim 1003/HSS Kapten Cpl Marhani mengatakan, pengerasan jalan dengan material sirtu dikebut untuk menghindari kendala jika terjadi hujan.

Bacaan Lainnya

“Jika terjadi hujan, maka truck pengangkut material tidak bisa melintas karena jalan menjadi licin, sebab jalannya baru dikupas,” ujarnya.

Ia berharap, dengan dikebutnya pengerasan jalan yang dibangun bisa selesai tetap waktu, sehingga bisa diakses oleh warga guna mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Dusun Paniungan.

Dikatakannya, jalan sepanjang 1.350 meter yang dibangun melalui program TMMD ini akan menghubungkan Dusun Paniungan ke Desa Lalapin, Kabupaten Tapin, yang akan mempercepat akses mengangkut hasil pertanian warga dari pada ke Kota Kandangan, Kabupaten HSS.

“Jika jalan sudah rampung, masyarakat lebih mudah mengangkut dan menjual hasil pertanian, yang jaraknya lebih dekat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Malilingin Saprudin mengatakan, mayoritas penduduk Dusun Paniungan dan sekitarnya mempunyai mata pencarian sebagai petani atau berkebun, sehingga akses jalan yang dibangunan oleh Satgas TMMD ke 117 Kodim 1003/HSS sangat membantu masyarakat untuk membawa pertanian ke Desa Lalapin.

“Jika jalannya bagus dan dekat, maka harga jual lebih mahal dibandingkan ke Kota Kandangan,” ujarnya.

Jika jalan yang dibangun selesai, Pemerintah Desa dan masyarakat siap memeliharanya, apalagi tahun ini ada pengasapan jalan di Dusun Paniuangan sepanjang tiga kilometer yang disampaikan oleh pak bupati saat meninjau progres pelaksaan TMMD.

“Semoga jalan yang dibangun melalui TMMD bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Kades Saprudin.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait