Fosil Telur Dinosaurus Ditemukan di Fujian, China Timur

- Oviraptorosaurus, spesies dinosaurus pencuri telur terkenal, yang berasal dari Zaman Kapur Akhir. (Antara/Xinhua/kalselpos.com)

Fuzhou, kalselpos.com – Sebuah sarang berisi fosil telur dan beberapa pecahan kulit telur ditemukan di Provinsi Fujian, China timur, Jumat (19/5/2023) waktu setempat.

Telur-telur tersebut merupakan milik Oviraptorosaurus, spesies dinosaurus pencuri telur terkenal, yang berasal dari Zaman Kapur Akhir.

Ditemukan di Desa Huangzhu, wilayah Shanghang, Kota Longyan, telur-telur dinosaurus ini diperkirakan masih berada dalam masa inkubasi atau telah menetas.

Beberapa kulit telur tersebut retak saat menetas, sehingga meninggalkan pecahan, jelas Wang Qiang, associate researcher dari Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS).

Sedikitnya enam fosil telur telah terawetkan. Penemuan baru ini dapat membantu menyediakan materi berharga untuk penelitian paleoklimatologi, paleogeografi, dan paleoekologi di Fujian dan China selatan, kata Institut Survei Geologi Fujian.

Sekitar tiga tahun lalu, beberapa jejak kaki dinosaurus yang terawetkan dengan baik ditemukan di Shanghang. Ini adalah pertama kalinya wilayah tersebut menemukan fosil telur dinosaurus.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait