Misinformasi! Awal Mei, Sandiaga Uno ditetapkan jadi cawapres Anies Baswedan

ARSIP - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berjabat tangan dengan Sandiaga Uno (kiri) usai pengunduran diri Sandiaga sebagai Wagub DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta, Jumat (10/8/2018). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc/18.

Jakarta, kalselpos.com  Antara– Sejumlah partai politik sudah mengumumkan calon presiden yang mereka usung pada Pemilu 2024 dan berkoalisi dengan partai lain.

Selain capres, beberapa hari terakhir parpol-parpol juga mulai menyiapkan calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengan sosok capres mereka.

Bacaan Lainnya

Namun, sebuah unggahan video muncul di YouTube pada 4 Mei 2023, menarasikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dicalonkan mendampingi Anies Baswedan untuk Pemilu 2024 sebagai calon wakil presiden.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Sandiaga Uno Resmi Dampingi Anies Sudah Ikut Bersafari Mulai Hari Ini Bersama NasdemViral News~”

Namun, benarkah Sandiaga Uno pada awal Mei 2023 telah ditetapkan menjadi cawapres Anies Baswedan?

Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, video tersebut tidak menyebut pernyataan resmi bahwa Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dipasangkan sebagai capres dan cawapres dalam Pilpres 2024.

Video tersebut hanya membacakan artikel dari Liputan6 yang berjudul “HEADLINE: Wacana Pasangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilpres 2024, Peluangnya?”. Artikel tersebut menuliskan terkait wacana pasangan capres dan cawapres, Anies dan Sandiaga Uno dan peluang kemenangannya.

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin membaca keinginan PKS untuk menduetkan Anies-Sandi sebagai bentuk posisi PKS untuk mencari perhatian kepada Koalisi Perubahan.

Namun, belum ada pernyataan resmi dari NasDem sebagai pengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 bahwa Sandiaga Uno akan mendampingi sebagai calon wakil presiden.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait