Pemkab Tapin Laksanakan Musrenbang Tahun 2023

Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat memberikan sambutan dan arahan pada musrenbang tahun 2023 penyusunan RKPD Kab Tapin Tahun 2024 di Pendopo Galuh Bastari .(ist)

Rantau, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Tapin Tahun 2024 Kamis (16/3) bertempat Pendopo Galuh Bastari Kawasan Rantau Baru.

Musrenbang mengangkat tema, Peningkatan Reformasi Birokrasi dan Daya Saing Masyarakat” dibuka secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan.

Bacaan Lainnya

Kepala Kepala Bappelitbang Tapin H Zainal Aqli melaporkan, musrenbang RKPD tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Tapin tahun 2024 yanga mana dalam rangkaian proses perencanaan pembangunan tahunan daerah yang telah didahului dengan pelaksanaan, Musrenbang desa, Musrenbang kecamatan dan Forum Perangkat Daerah.

“Tujuan pelaksanaan Musrenbang ini menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Tapin dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional dan pemerintah provinsi kalimantan selatan serta mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada musrenbang RKPD Kabupaten Tapin, “ujarnya.

 

Peserta musrenbang RKPD Kabupaten Tapin tahun 2023 sebanyak 191 orang peserta yang terdiri dari seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Tapin. Adapun narasumber Bapak Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas RI, Bapak Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi kalimantan selatan dan Bapak Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi kalimantan selatan.

 

Adapun pembangunan Kabupaten Tapin, pertama Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 71,22 persen tahun 2022, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) 4,91 persen tahun 2022, Kemiskinan 3,6 persen tahu 2022 dan Nilai sakip tahun 2022 predikat “B” dengan nilai 68,93 dan Reformasi Birokrasi predikat CC dengan nilai 55,00
Tindak lanjut dari hasil pelaksanaan musrenbang ini, dilanjutkan dengan kegiatan pasca Musrenbang RKPD untuk menyempurnakan rancangan RKPD dan selanjutnya RKPD Kabupaten Tapin tahun 2024 akan ditetapkan melalui Peraturan Bupati Tapin.

 

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang RKPD Tahun 2023 yang dilaksankan ini ini untuk mendapatkan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Tapin tahun 2024 dengan memperhatikan masukan dari para pemangku kepentingan serta memperhatikan prioritas nasional dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024.

Pemerintah Kabupaten Tapin dalam membuat rancangan RKPD tahun 2024 menetapkan tema peningkatan reformasi birokrasi dan daya saing masyarakat dengan menyesuaikan rancangan Pemerintah Pusat dan Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Sebanyak 12 fokus pembangunan daerah kabupaten tapin tahun 2024 diantaranya, Pemerataan kualitas layanan dan sarana prasarana kesehatan disini pemeirntah Kabupaten Tapin telah membangun rumah sakit baru dengan harapan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik.

 

Kedua Pengembangan kawasan pendidikan, ketiga Optimalisasi diversifikasi pertanian, ke empat, Pengembangan perkebunan kerakyatan, kelima Pembentukan perusahaan daerah tapin keenam Peningkatan iklim investasi daerah, ketujuh Peningkatan kuantitas dan kualitas infrastruktur perhubungan dan perumahan dan kedelapan Penguatan tata kelola kelembagaan dan implementasi perencanaan pembangunan daerah.

 

“Berharap kiranya pada tahun ini, kita mampu merumuskan program dan kegiatan strategis untuk memacu percepatan pencapaian target-target pembangunan daerah yang tercantum dalam RPD Kabupaten Tapin Tahun 2024-2026.

 

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Tapin H Yamani mengatakan, atas nama DPRD Kabupaten Tapin menyambut baik pelaksanaan kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten ini, dimana Forum ini merupakan salah satu tahapan yang penting dalam proses Perencanaan Pembangunan.

 

“Musrenbang ini merupakan momentum penting untuk menyatukan aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan, serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan baik yang merupakan urusan wajib, maupun urusan pilihan, serta yang bersifat sektoral maupun lintas sectoral, “ katanya.

Berharap forum ini bias secara bersama-sama melakukan sinkronisasi dan sinergitas rancangan RKPD Kabupaten Tapin tahun 2023 dengan melibatkan semua pemangku kepentingan untuk menyerap Aspirasi sesuai kebutuhan serta untuk Membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil Pembangunan.

Turut hadir Pimpinan Forkompida Tapin, Para Tokoh Masyarakat Tapin, Pengurus Ikapin Tapin, Ormas, Kepala SOPD Lingkungan Pemkab Tapin dan Camat se Tapin.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait