Pj Bupati HSU Ikuti Rakor Inspektorat Daerah Seluruh Indonesia 2023

Pj Bupati HSU ikuti Rakor Inspektorat seluruh Indonesia. (prokopim)-Pj Bupati HSU Ikuti Rakor Inspektorat Daerah Seluruh Indonesia 2023

Amuntai, kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) diwakili Penjabat (Pj) Bupati Raden Suria Fadliansyah, M.Pd mengikuti rapat koordinasi Inspektorat Daerah Seluruh Indonesia tahun 2023, secara daring di Mess Negara Dipa Amuntai, Rabu (25/01).

Turut hadir mengikuti vicon tersebut Kapolres HSU AKBP, Moch. Isharyadi Fitriawan S.Ik, Kajari HSU Agustiawan Umar, S.H, M.H, Plt. Asisten Bid. Pemerintah dan Kesra H. Adi Lesmana, S.Sos, M.Si, Plt. Inspektorat HSU Syahriadi, S.Sos, M.Si serta jajaran instansi terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Rakor diawali dengan Penandatanganan Kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH), sehubungan penanganan laporan atau pengaduan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian meminta, agar pertumbuhan ekonomi harus tetap dijaga. Untuk mencapai itu saat ini mempunyai modal APBN dan APBD yang perannya belanja untuk memancing sektor swasta.

“Belanja APBN dan APBD ini harus efektif dan efisien dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk bisa efektif dan efisien harus betul-betul dijaga agar tidak bocor dan tepat sasaran sesuai kebutuhan masing-masing,” sampainya.

Tito menegaskan, APH bisa masuk apabila sudah ada pelanggaran yang dilakukan. Disini APIP juga bisa masuk karena berperan untuk menegakkan aturan administrasi dan pidana. APIP masuk agar program tepat sasaran dan supaya anggaran ini betul-betul sesuai, tepat sasaran, efektif dan efisien mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Oleh karenanya kesepakatan yang dibangun ini merupakan upaya terciptanya sinergitas yang lebih baik antara APIP dan APH dalam pelaksanaan setiap poin-poin dalam MoU yang baru saja ditandatangani,” terangnya.

Sementara Pj. Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah, M.Pd menangkap dari apa yang dibahas pada rakor tersebut, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat untuk lebih meningkatkan pengawasan daerah dan kerjasama antara APIP dan APH.

“Hal ini, dalam rangka untuk lebih mengefektifkan pengawasan di daerah yang pada akhirnya tertuju pada kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten HSU, dengan harapan kerjasama ini dapat mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan di daerah,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan panel diskusi terkait dengan Pengawasan Pengelolaan APBD dan ditutup dengan launching aplikasi ‘APIP LAPOR’.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait