Pj Bupati HSU Beserta Forkopimda Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

Pj Bupati HSU bersama Ketua DPRD dan Kapolres masyarakat terdampak banjir. (prokopim) / kalselpos.com

Amuntai, kalselpos.com – Pj Bupati HSU R. Suria Fadliansyah bersama dengan Forkopimda, Ketua DPRD Almien Ashar Safari, dan Kapolres HSU AKBP Moch Isharyadi F meninjau masyarakat yang terdampak banjir.

Diikuti Plt Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi dan Camat. Pihaknya meninjau lokasi warga terdampak banjir di Desa Danau Terate, Kecamatan Banjang dan Desa Tebing Liring, Kecamatan Amuntai Utara menggunakan perahu dan klotok.

Bacaan Lainnya

Rombongan mendatangi langsung rumah-rumah warga yang terdampak banjir, sekaligus menyerahkan bantuan. Di Kecamatan Banjang. Pj. Bupati HSU menyerahkan 127 paket bantuan dan 97 untuk Desa Danau Terate.

“Kami turut, prihatin warga terdampak banjir, khususnya yang berada di desa terisolir, seperti Danau Terate. Kami juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap arus air yang sewaktu-waktu mungkin akan meninggi, serta diharapkan masyarakat meningkatkan koordinasi, dan kerjasama terlebih kepada aparat desa setempat, supaya penanganan dampak bencana banjir ini lebih maksimal dan tepat sasaran,” kata Pj Bupati HSU Suria saat bertemu warga.

Dirinya turut berharap, kepada seluruh aparat desa agar memberikan pelayan kepada masyarakat dan bersama-sama dengan Pemda untuk saling bekerjasama dalam menanggulangi bencana banjir yang terjadi. Perlunya meningkatkan kesadaran dalam memelihara kebersihan lingkungan sekitar agar bencana banjir dapat berlalu dengan cepat.

Pj Bupati HSU telah mengeluarkan surat keputusan nomor 188.45/556/kum/2022 tentang status tanggap darurat bencana (TDB) di HSU salah satunya bencana banjir. Putusan tersebut menimbang, bahwa dari kajian dilapangan menunjukkan keadaan yang mengancam kehidupan masyarakat di HSU.

“Selain itu, mengantisipasi dampak bencana banjir dengan cepat, tepat dan terpadu sesuai dengan standar dan prosedur pada saat tanggap darurat penanganan bencana banjir,” imbuhnya.

Berdasarkan data PUSDALOPS BPBD Hulu Sungai Utara (HSU) per tanggal 23 November 2022 banjir menggenangi 8.526 buah rumah, 24.474 meter jalan, 74 buah fasilitas pendidikan, 6 buah fasilitas kesehatan, 36 buah fasilitas ibadah, 14 buah fasilitas umum, dengan 30.128 jiwa dari 10.121 KK terdampak.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait