Plt Bupati Husairi Abdi Pimpin Upacara HUT Ke-77 RI

Upacara HUT Ke-77 RI di Lapangan Pahlawan Amuntai. (prokopim)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – HUT Ke-77 RI di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) digelar di Lapangan Pahlawan Amuntai.

Bertindak inspektur upacara Plt Bupati HSU H Husairi Abdi acara berlangsung penuh khidmat yang dihadiri para pejabat Pemerintah, TNI-Polri dan para Guru bersama peserta didik. HUT Ke-77 RI ditandai pengibaran Bendera Merah Putih Oleh para Paskibraka, Rabu (17/8) pagi.

Bacaan Lainnya

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 ditandai juga dengan pembacaan Proklamasi oleh Inspektur upacara.

Pada prosesi upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) HSU Almien Ashar Safari bertugas membacakan Naskah Proklamasi.

Usai Pembacaan Proklamasi, Basuki Rahman dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) HSU bertugas membacakan Undang – Undang Dasar (UUD) 1945. Kemudian Kepala Kantor Kementerian Agama HSU, Ahmad Rusyadi bertugas memandu pembacaan doa.

Sementara itu, Kapten Armed Supiyandi didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan saat ini menjabat sebagai Pasi OPS Kodim 1001 HSU-Blg.

Usai upacara pengibaran bendera di Lapangan Pahlawan Amuntai, seluruh pejabat Forkopimda mengikuti prosesi upacara peringatan ke-77 Tahun Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Sehari sebelumnya, Paskibraka Kabupaten HSU dikukuhkan oleh Plt Bupati Husairi Abdi di Aula Idham Chalid, Selasa (16/8.

Sebanyak 40 orang yang bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang terpilih dari seluruh siswa-siswi SMA dan SMK sederajat se-Kabupaten HSU ini yang mengibarkan bendera dengan formasi 17-8-45.

Sebelum dikukuhkan, Paskibraka diminta membacakan Ikrar yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata HSU, Nurullah Bakti.

Usai membaca Ikrar tersebut, Plt Bupati HSU memimpin pengukuhan Paskibra. Ia juga menyematkan lencana sebagai tanda pengukuhan.

“Kami merasa bangga bersama putra-putri terbaik di HSU yang akan mengemban tugas bersejarah sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih pada upacara detik detik Proklamasi 17 Agustus Tahun 2022 tingkat Kabupaten HSU,” ucap Husairi Abdi dalam sambutannya.

Husairi menambahkan, menjadi anggota Paskibra merupakan kebanggaan tersendiri, karena akan mendapatkan pengalaman yang berharga untuk mengemban tugas mengibarkan bendera Merah Putih terkhusus pada Upacara Peringatan HUT Ke-77 RI.

Menurutnya keterlibatan para anggota Paskibra dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI memiliki peran strategis dan relevan dalam proses transfer nilai-nilai nasionalisme pada generasi muda.

“Anggota Paskibra mendapatkan suatu pelajaran yang terkandung dalam sejarah bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah dan menegakkan Sang Merah Putih sebagai suatu identitas bangsa,” imbuhnya.

Ia berharap, melalui momentum ini para anggota Paskibra sebagai suri tauladan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Saya berpesan jadilah kalian sebagai generasi pelopor kebajikan, generasi masa depan yang maju dan unggul yang mengetahui ilmu pengetahuan berteknologi serta teruslah berkarya,” pungkasnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait