Kasus Cacar Monyet di Amerika Serikat Tembus Angka 10.000

Ilustrasi - Cacar monyet.(ist)Antara(kalselpos.com)

kalselpos.com – Data terkini yang dirilis Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) pada Rabu (10/8), Jumlah kasus terkonfirmasi cacar monyet di Amerika Serikat (AS) menembus angka 10.000, tepatnya 10.392 kasus.

Dilansir kalselpos.com dari Antara Jumat (12/8) data badan kesehatan masyarakat nasional di negara tersebut,
menunjukkan bahwa 1.391 kasus terkonfirmasi cacar monyet dilaporkan pada Rabu.

Bacaan Lainnya

Ini pertama kalinya CDC melaporkan lebih dari 1.000 kasus cacar monyet dalam sehari sejak kasus pertama dilaporkan pada 17 Mei.

Kasus terkonfirmasi di AS masih menyumbang hampir 30 persen dari total kasus global yang sejauh ini berada di angka 31.800 kasus, padahal jumlah populasi negara tersebut hanya kurang dari 5 persen dari populasi dunia.

Pemerintahan Biden pada Kamis (4/8) pekan lalu mengumumkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan publik, lebih dari sepekan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat global.

Kalangan kritikus mengatakan otoritas AS bertindak terlalu lambat dan tidak dapat memenuhi permintaan vaksin saat jumlah kasus terus bertambah.

Senator Negara Bagian California Scott Wiener mengatakan pemerintah federal seharusnya dapat menyimpan persediaan vaksin Jynneos, vaksin cacar atau variola yang terbukti efektif untuk cacar monyet.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait