Bupati Sayed Jafar ikut Panen Raya Padi di Desa Bumi Asih

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus SH besama Ketua TP-PKK Kabupaten ikut panen raya padi di Desa Bumi Asih. Muliana (kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Bupati H Sayed Jafar Alaydrus SH bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar mengikuti panen raya padi sawah yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Sido Makmur Desa Bumi Asih Kecamatan Kelumpang Selatan, Rabu (10/8).

Foto bersama Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersma Forkopimda.Muliana (kalselpos.com)

Selain Bupati panen raya padi ini juga diikuti oleh Komandan Kodim 1004/Ktb, Ketua DPRD Kotabaru, Perwakilan dari jajaran Forkopimda, Forkopimcam, Kepala Desa, Tamu Undangan lainnya serta Anggota Kelompak Tani Sido Makmur.

Bacaan Lainnya

Dikesempatan ini Bupati H Sayed Jafar mengatakan, sektor tanaman pangan khususnya komoditas padi mempunyai peran penting dan strategis dalam membangun perekonomian daerah.

“Kita harus upayakan pengembangannya karena perannya sebagai penyedian pangan, ketahanan pangan, dan penyedia lapangan kerja,” ujar Bupati H Sayed Jafar.

“Nantinya petani di Desa Bumi Asih ini diharapkan akan mampu berdaulat serta juga mampu memajukan daerahnya sendiri dan kepala Dinas Pertanian agar terus melakukan sosialisasi dan pembinaan agar Poktan terus maju berinovasi hingga tidak mengalami gagal panen,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Poktan Sido Makmur Suli Sarwono bahwa, “lahan yang kami garap sekarang seluas 25 hektar dengan jumlah anggota 25 orang, yang mana pada musim tanam tahun 2021 lalu bisa menghasilkan panen tiga kali dalam satu tahunnya dengan capaian tujuh ton lebih per hektarnya,” ungkap Suli sapaan dekat laki-laki ini.

“Alhamdulillah capaian ini menjadi kebanggaan kami bersama bisa berkembang dan bersaing dengan Poktan lainnya di Bumi Sa-ijaan,” terangnya pula.

“Untuk musim tanam tahun 2022 ini pertengahan tahun sudah bisa mencapai IP200 yang mana target IP400 dengan tanam empat kali dalam satu tahun dengan jenis padi Inprida dan Hibrida,” tandasnya.

Untuk diketahui bersama bahwa panen raya di Desa Bumi Asih ini bisa menghasilkan 8,04 ton gabah kering per hektarnya dengan luasan lahan 25 hektar yang dikelola oleh Poktan Sido Makmur.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait