Masyarakat Kotim Diimbau Manfaatkan Program Berobat Gratis

Bupati Halikinnor menjenguk seorang lansia warga Kecamatan Baamang yang sedang sakit, Jumat (12/8/2022)., (Foto: Dokumentasi Pribadi Halikinnor)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengimbau masyarakat tidak perlu takut datang berobat ke Puskesmas atau rumah sakit. Pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran sangat besar untuk menjamin biaya pengobatan warga tidak mampu melalui kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Halikinnor meminta masyarakat tidak ragu memanfaatkan program JKN-KIS yang pembiayaannya ditanggung pemerintah daerah. Seluruh aparatur di tingkat kecamatan, kelurahan maupun desa diminta sigap membantu jika ada warganya yang terkendala untuk berobat.

Bacaan Lainnya

“Jangan sampai ada warga kita tidak bisa berobat karena alasan biaya. Jangan sampai itu terjadi. Berdosa kita. Apalagi, kita mengeluarkan biaya puluhan miliar untuk menjamin pelayanan kesehatan. Sayang kalau tidak kita manfaatkan,” kata Halikinnor di Sampit, Jumat (12/8/2022).

Jumat pagi, Halikinnor mengunjungi warga di beberapa lokasi di Kecamatan Baamang yang menggelar gotong royong. Kesempatan itu dimanfaatkannya untuk membagikan bendera merah putih kepada masyarakat.

Usai kegiatan, Halikinnor berkesempatan membesuk seorang warga yang sedang sakit. Dia memberi semangat dan mendoakan agar warga berusia lanjut tersebut segera sembuh.

Menurut Halikinnor, Pemerintah Kabupaten Kotim telah mendukung penuh implementasi Program JKN-KIS. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan BPJS Kesehatan sejak tahun 2018 lalu.

Capaian tersebut merupakan keseriusan pemerintah daerah dalam hal menjamin kesehatan masyarakat. Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk terus menghadirkan jaminan kesehatan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Kotim.

Dia mengingatkan seluruh camat, lurah maupun kepala desa untuk lebih peka dan teliti. Jika ada warga yang sakit dan belum dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit maka harus segera didatangi dan dibantu.

Masyarakat juga diminta membantu melaporkan jika ada warga yang sakit dan terkendala berobat. Dia memerintahkan seluruh jajarannya segera membantu siapa saja yang sakit agar bisa segera berobat.

“Jangan sampai ada warga kita sakit tapi tidak kita perhatikan, apalagi ada saudara kita yang kelaparan. Laporkan ke pemerintah setempat yang berwenang agar dapat menjadi perhatian kita bersama,” pungkas Halikinnor.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait