September, Tarif Air PTAM Bandarmasih Naik 10 Persen

Ir Yudha Achmadi, Direktur Utama PT Air Minum Bandarmasih.Muhammad Fudail(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – PT Air Minum Bandarmasih (Perseroda) memastikan, pada bulan September mendatang menaikkan tarif air bersih sebesar 10 persen bagi pelanggan di Kota Banjarmasin dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan saat konsultasi publik dihadiri oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, pihak BPKP Kalimantan Selatan dihadiri Rudy M Harahap, perwakilan Kementrian Dalam Negeri dihadiri Riris Prasetyo, Lurah Kota Banjarmasin, perwakilan LSM dan Tokoh Masyarakat, dan Direksi PTAM Bandarmasih, di Aula PT. Air Minum Bandarmasih, Selasa (2/8/2022) pagi.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan, untuk menggali informasi dan masukan dari para Stakeholder dan tokoh masyarakat, terkait penyesuaian tarif rekening air PT. Air Minum Bandarmasih,” ujar Dirut PTAM Bandarmasih, Yudha Achmadi, kepada wartawan.

Menurutnya, rencana kenaikan tarif tersebut akan dilakukan mulai September 2022. Pertimbangan kenaikan tarif karena biaya operasional yang terus naik dan tak sebanding dengan pemasukan perusahaan.

“Tarif PDAM yang akan disesuaikan dengan tarif atas dan tarif bawah sesuai SK Gubernur,” katanya.

Tarif ini menyediakan dengan perbandingan biaya produksi lebih besar daripada pemasukan PAM. “Selama ini menjual air minum rugi Rp254/kubik sehingga harus dicari solusinya dengan menyesuaikan tarif,” sebutnya.

Dirinya juga menjelaskan, kenaikan 10 persen untuk kelompok 1 atau MBR masih diangka Rp3.800 sedangkan biaya produksi Rp7.800, artinya masih disubsidi oleh kelompok III atau menengah keatas.

“Untuk MBR perhitungannya hanya Rp100 perkubik kenaikannya, ” ungkapnya.

Rencananya sambung Yudha, keputusan ini akan dilanjutkan lagi dengan sosialisasi ke RT-RT, serta berupaya meningkatkan pelayanan dengan pergantian pipa tua.

Sementara itu, Kepala BPKP Wilayah Kalsel, Rudy M Harahap menyarankan kepada pihak PT. Air Minum Bandarmasih, agar bisa membangun dan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari masyarakat.

“Jadi harus ada CSRnya, seperti memberikan beasiswa kepada anak yang tidak mampu, jadi tidak hanya mementingkan kepentingan bisnisnya sendiri. Sehingga pihak PT. Air Minum Bandarmasih bisa mendapat kepercayaan yang dari masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Ia juga menyarankan agar PT. Air Minum Bandarmasih bisa menerapkan sistem remunrasi berbasis kinerja.

Dalam hal tersebut, PT. Air Minum Bandarmasih diminta untuk meningkatkan servis dan pelayanan terhadap pelanggan.

“Jadi apabila servis dan pelayanannya lambat, maka para pelanggan harus diberikan konpensasi, jadi untuk bulan yang berikutnya, pembayaran pelanggan bisa lebih murah,” tutupnya.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina berharap, dalam kegiatan itu bisa menghasilkan keputusan dan kesepakatan, terkait hal tersebut.

“Kita harus sampaikan kepada masyarakat melalui perwakilannya bahwa selama ini saya ingin pastikan bahwa kondisi PTAM Bandarmasih (Perseroda) harus diperbaiki,” ucap Ibnu Sina.

Menurutnya, selama beberapa tahun ini kondisi PTAM selalu menurun bahkan merugi karena biaya operasional yang semakin tinggi.

Selain itu, kondisi perpipaan PTAM yang harus segera diregenerasi untuk menghindari kebocoran semakin besar.

“Ini perusahaan yang melayani air minum seluruh warga Banjarmasin, sehingga kami harap dengan kenaikan ini dapat disetujui oleh masyarakat,” inginnya.

Selain itu, kenaikan tarif masih sekitar 10 persen atau masih berada di jalur batas atas dan batas bawah sesuai dengan SK Gubernur Kalsel.

“Tarif kita masih batas bawah sehingga tak akan membebani masyarakat,” yakinnya.

Meski demikian, Ibnu berharap PTAM juga lebih lincah, seperti memperbaiki bisnis plannya seperti keluhan – keluhan masyarakat terkait kebocoran karena pipanisasi yang tak bagus. Atau penambahan intake,  pembangunan resevoar dan perluasan jaringan sehingga pelayanan distribusi semakin lancar.

“Tahun ini perbaikan pipa dengan penambahan pipa diameter 800 mm yang diharapkan bisa memperlancar distribusi air ke pelanggan seperti Barat dan Utara,” tandasnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.