Kotim Targetkan Juara Umum MTQH Kalteng

Bupati Halikinnor bersama Forkopimda foto bersama pengurus LPTQ Kotim yang baru dilantik serta kafilah MTQH yang diberangkatkan, Jumat (22/7). (Foto: Diskominfo Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com -Kafilah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berangkat dengan optimisme tinggi yakni menargetkan menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) XXX Kalimantan Tengah pada 22-29 Juli di Palangka Raya.

Bupati Kotim Halikinnor berharap target juara umum bisa dicapai. Meski begitu, dia tidak ingin target tinggi tersebut justru menjadi beban kafilah saat bertanding.

Bacaan Lainnya

“Saya minta mereka memberikan penampilan maksimal sehingga dengan begitu maka hasil yang diberikan juga maksimal,” kata Halikinnor di Sampit, Jumat 22 Juli 2022.

Hal itu disampaikan Halikinnor usai memimpin pelantikan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kotim periode 2022-2026 yang diketuai Fajrurrahman yang juga Sekretaris Daerah.

Kafilah MTQH asal Kotim sebanyak 48 orang yang akan mengikuti perlombaan, terdiri 24 putra dan 24 putri. Mereka didampingi 5 orang pelatih, 10 orang pendamping teknis, 5 orang mahram, serta 2 orang hakim.

“Dari 9 cabang, kita mengikuti 8 cabang. Yang tidak kita ikuti cabang Hadis. Untuk cabang tafsir kita ikut hanya tafsir bahasa Indonesia, sedangkan tafsir bahasa Arab kita tidak ikut karena pesertanya tidak ada,” sebutnya.

Saat MTQ di Kabupaten Pulang Pisau, kafilah Kotim masuk peringkat lima besar. Sementara itu saat STQ tahun 2017 di Kabupaten Murung Raya, Kotim menjadi juara umum.

Halikinnor mengatakan, kafilah mempunyai tanggung jawab yang sangat besar karena mereka tidak hanya menjadi duta Kabupaten Kotim yang harus membuat nama baik daerah, tetapi juga harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Hal itu karena kafilah mempunyai kemampuan memahami Al Qur’an dengan lebih baik dibanding yang lain.

“Saya juga berpesan kepada pengurus LPTQ yang baru untuk meningkatkan pembinaan tilawatil Qur’an di daerah ini. LPTQ juga mengemban tugas dalam hal syiar Islam sehingga program yang dibuat harus terus ditingkatkan,” pungkas Halikinnor.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait