RSUD Daha Sejahtera Buka Unit Pelayanan Cuci Darah

PELAYANAN- Pasien yang mendapatkan pelayanan cuci darah di RSUD Daha Sejahtera.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) terus berupaya meningkat sarana prasarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat, melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daha Sejahtera bagi warga tiga Daha, yakni Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara dah Daha Barat.

RSUD Daha Sejahtera sebagai Rumah Sakit (RS) tipe D milik Pemkab HSS, terus berusaha mengembangkan layanan unggulan, yang mampu menangani permasalahan kesehatan dengan lebih baik, guna mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.

Bacaan Lainnya

RSUD Daha Sejahtera berada di wilayah Kecamatan Daha, dimana 38 persen penduduk Kabupaten HSS berada di wilayah Kecamatan Daha, sehingga berpotensi untuk berkembang menjadi RS rujukan di wilayah Daha, yang melingkupi Kecamatan Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat.

“Saat ini RSUD Daha Sejahtera memiliki layanan unggulan kesehatan pelayanan Dialisis atau cuci darah,” ujar Direktur RSUD Daha Sejahtera dr Masliani, Rabu (20/7).

Dikatakannya, pengembangan pelayanan cuci darah ini bermaksud untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Daha.

Karena, saat ini prevalensi penyakit ginjal kronik di wilayah Daha meningkat dari tahun ke tahun, yang disebabkan oleh beberapa keadaan seperti hipertensi, diabetes melitus, gomerulonefritis kronik dan penyakit obstruksi infeksi.

Sebelumnya, masyarakat di wilayah Kecamatan Daha harus menjalani jarak sejauh 30-50 kilometer, untuk mendapatkan pelayanan hemodialisis di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, yang jumlah pasiennya ada 15 orang harus menempuh jarak kurang lebih 30 km ke Kota Kandangan.

Namun, pada tanggal 21 Juni 2022 telah terbit perizinan berusaha menunjang kegiatan usaha izin/penetapan penyelenggaraan pelayanan dialisis, yang dikeluarkan Menteri Kesehatan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal hasil visitasi persetujuan dari Kementerian Kesehatan, Perhimpunan Nefrologi Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten, sehingga RSUD Daha Sejahtera memiliki layanan unggulan unit cuci darah.

“Dan pada 13 Juli 2022, dilaksanakan penandatangan kerjasama dengan BPJS untuk unit pelayanan Dialisis RSUD Daha Sejahtera. Dengan adanya unit Dialisis RSUD Daha Sejahtera, masyarakat Daha tidak perlu menempuh jarak yang jauh ke luar wilayah Daha,” ujarnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait