RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan Buka Pelayanan CT Scan 16 Slice

PASIEN- Pasien menjalani pelayanan CT Scan di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan.(Sofan) (kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry Kandangan membuka pelayanan CT Scan bagi pelayanan bagi peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) dan umum.

 

Bacaan Lainnya
PASIEN- Bupati HSS Achmad Fikry melihat CT Scan naru di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan.(Sofan)(kalselpos.com)

“Pelayanan CT Scan sudah dibuka Juni ini, dengan 16 slice,” ujar Direktur RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, dr Rasyidah, Senin (27/6) saat mendampingi Bupati HSS Achmad Fikry meninjau pelayanan alat SC Scan baru.

Menurut Rasyidah, pelayanan CT Scan diberikan sesuai dengan visi dan misi RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, yang menjadi rujukan Rumah Sakit (RS) dan ke depan akan menyiapkan CT Scan 28 slice, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 mendatang.

“Semoga tahun depan kita bisa punya dua SC Scan yang 16 dan 28 slice, sesuai kebutuhan yang diperlukan” ujar dr Rasyidah.

Insya Allah, ucap dr Rasyidah, jika sumber daya mencukup maka akan mengupayakan melalui dana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ST Scan yang 128 slice.

“Untuk ST Scan 16 slice dibeli melalui pengadaan tahun 2021 dengan nilai Rp6 milyar, yang barangnya datang pada Oktober 2021 dan mulai dioperasikan pada Juni 2022,” ujarnya.

Sementara itu, Dokter Radiologi, dr Sigit Riatno, mengatakan CT Scan yang ada di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan ini tipe 16 slice yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. “Dengan alat CT Scan 16 slice ini seluruh tubuh bisa di scan, kecuali jantung,” ujar dr Sigit.

Mengapa jantung tidak bisa digunakan untuk alat CT Scan ini, kata dr Sigit, karena alat ini hanya untuk memfoto organ yang tidak bergerak. “Karena jantung selalu bergerak, maka tidak bisa difoto, kecuali menggunakan mesin atau alat CT Scan yang lebih besar lagi dan diberi obat agar jantung berdetak pelan-pelan,” ujarnya.

Ia mengatakan, alat CT Scan yang ada ini, Insya Allah bisa mengcoper semua keperluan, terutama pasien saraf dan tumor yang banyak saat ini. “Dan alat CT Scan ini menerima semua pelayanan peserta BPJS,” ujarnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.