Berawal Dari Hobi Menjadi Sumber Penghasilan

Mulyani (45), warga Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala, melukis hingga membuat alat kesenian barongan.(Ibrahim) (kalselpos.com)

Marabahan,kalselpos.com-Berawal dari hobi Mulyani (45), warga dari Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Dari hobinya melukis hingga membuat alat kesenian barongan, bisa menjadi sumber penghasilannya.

Mulyani (45), warga Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala, melukis hingga membuat alat kesenian barongan.(Ibrahim)(kalselpos.com)

Sejak masih duduk sekolah dasar, Mulyani sering melukis dan mulai menjadi sumber penghasilannya mulai tahun 1999 lalu hingga pada saat ini.

Bacaan Lainnya

Hingga saat ini sudah ratusan hasil lukisannya terjual, baik dari lukisan pemandangan hingga lukisan yang sengaja di pesan oleh langganannya.

Untuk lukisan hasil karya Mulyani dipatok puluhan hingga ratusan ribu rupiah, sesuai dengan ukuran dan tingkat kesulitannya dalam melukis.

Tidak hanya itu Mulyani juga melakukan lukisan dinding atau pagar, baik di perkantoran maupun sekolah-sekolah dengan motif sesuai dengan pesanan.

Selain melukis Mulyani selama dalam kurun waktu 4 tahun ini juga, memanfaatkan bahan baku kayu waru yang banyak terdapat di sekitar tempat tinggalnya. Pada awalnya, dia membuat topeng barongan untuk melestarikan kesenian daerah jaranan dari Pulau Jawa.

Namun ternyata hasil kerajinannya tersebut bisa menambah penghasilan perekonomian untuk keluarganya, terlebih saat masa pandemi Covid-19 kemaren.

Barongan yang dibuat Mulyani banyak diminati kelompok jaranan yang ada di wilayah Kabupaten Barito Kuala maupun dari wilayah kabupaten lain di Kalimantan Selatan.

Mulyani tidak hanya membuat topeng barongan untuk orang dewasa, namun juga untuk anak-anak. Tidak hanya itu, dia juga membuat miniatur barongan dengan berbagai macam ukuran dan juga bisa buat gantungan kunci dengan bentuk tidak jauh berbeda dengan bentuk aslinya.

Mulyani mengatakan, untuk harga barongan yang paling besar yaitu untuk dewasa berkisar dari Rp1,25 juta hingga Rp1,7 juta. Barongan untuk anak-anak berkisar dari Rp150 ribu hingga Rp600 ribu.

Untuk miniatur gantungan kunci berkisar dari Rp25 ribu hingga Rp35 ribu. “Miniatur seperti aslinya barongan besar dihargai dari kisaran Rp50 ribu hingga Rp75 ribu,” katanya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait