Harga Bahan Pokok Naik Drastis di Tabalong, Ini Penyebabnya

Suasana jual beli di Pasar Tanjung.(Ali)(kalselpos.com)

Tanjung, kalselpos.com – Harga pakan, pupuk dan cuaca menjadi factor peneybab kenaikan beberapa komoditas pangan di Tabalong.
Kenaikan drastis Komoditas antara lain telur ayam, daging ayam ras, bawang merah, daging sapi, sayur kol, cabe rawit merah dan semua jenis cabe.

Bahkan harga cabe semakin “pedas” karena kini mencapai Rp. 120 ribu perkilogramnya di pasar.

Bacaan Lainnya

Menurut Novi, Kepala Bidang Perdagangan dan Meterologi di Dinas Koperasi UKM Perindustriand an Perdagangan Tabalong kenaikan komoditas yang mengalami kenaikan drastis dipengaruhi oleh harga pakan dan pupuk.

“Selain itu kesulitan dalam mendapatkan solar dalam hal transportasi distribusi bahan pokok tersebut juga ikut menjadi penyebab kenaikan harga,” jelasnya di Tanjung.

Faktor cuaca, imbuh Novi di daerah sentra produksi menjadi penyebab lain atas kenaikan harga komoditas.

Pihaknya bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tabalong yang terdiri dari beberapa SKPD terkait selain melakukan pengawasan harga secara langsung baik di tingkat petani, pengumpul, maupun pedagang.

“Agar tidak ditemukan pihak pihak yang memanfaatkan situasi ini” tandasnya.
Dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan menggelar pasar murah di halaman Expo Center.

“Kita akan mengadakan pasar murah Bersama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka menjelang hari raya Idul Adha pada tanggal 22 juni nanti,” tutur Novi.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait