Lapas Karang Intan Gelar Seminar Kesehatan untuk Warga Binaan

Puluhan Warga Binaan Lapas Karang Intan Martapura menggelar Seminar Kesehatan di Aula Ruang Kunjungan, Rabu (8/6/22). Jaelani Hasan(kalselpos.com)

Martapura,kalselpos.com-minar Kesehatan”, Bertempat di Aula Ruang Kunjungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Rabu (8/6/22).

Seminar kesehatan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam pelaksanaan rehabilitasi sosial, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan perilaku sehari-hari, selama menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Karang Intan.

Bacaan Lainnya

“Tadi warga binaan diajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar, ada enam langkah dengan durasi satu menit, jadi masing-masing langkah bisa dilakukan selama 10 detik, penjelasan materi dan juga praktik langsung oleh warga binaan,” jelas dokter Nanda, petugas Poliklinik Lapas Narkotika Karang Intan.

Warga binaan antusias menyimak penjelasan materi yang disampaikan oleh dokter Nanda, mereka juga aktif mempraktikan cara mencuci tangan yang baik dan benar sembari bertanya jika ada yang tidak mereka ketahui dari penjelasan yang disampaikan.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo dalam keterangan terpisah mengungkapkan, dari pelaksanaan seminar yang dilangsungkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran warga binaan akan pentingnya menjaga kesehatan.

“Seminar kesehatan ini untuk meningkatkan pengetahuan bagi warga binaan, harapannya kesadaran menjaga kebersihan diri warga binaan semakin meningkat, dan dapat dipraktikan dalam keseharian, mencuci tangan pakai sabun, dengan cara yang baik dan benar ini kan sangat dasar, erat hubungannya dalam kegiatan sehari-hari,” ungkap Kalapas.

“Banyak penyakit itukan, salah satunya bersumber dari tangan yang kotor, jadi dengan adanya materi seminar yang disampaikan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka akan kebersihan diri, utamanya kebersihan tangan. Lapas Narkotika Karang Intan sudah memfasilitasi sarana prasarana untuk warga binaan mudah mencuci tangan,” tutup orang nomor satu di Lapas Narkotika Karang Intan ini.

Warga binaan residen rehabilitasi yang mengikuti kegiatan seminar kesehatan, turut didampingi konselor adiksi yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan program yang dilangsungkan. Seminar kesehatan berlangsung lancar dan khidmat hingga akhir kegiatan.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.