Toko di Pasar Paringin Banyak yang Kosong

Toko di Pasar Paringin banyak yang kosong bahkan jumlahnya lebih ratusan (ant)(kalselpos.com)

Paringin,kalselpos.com– Lebih dari seratus toko pada Pasar Paringin kosong tidak berpenghuni dikarenakan para pedagang pindah ke bangunan pasar baru yang letaknya tidak jauh dari Pasar Paringin tersebut.

“Sejak beberapa tahun lalu, ramainya pasar mulai dirasakan berkurang. Apalagi sejak adanya bangunan pasar baru yang membuat para pedagang berpindah,” kata Ketua Pengelola Pasar Paringin Syarifullah di Paringin belum lama tadi.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, padahal aktivitas jual beli di pasar ini setiap hari berlangsung, yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan terjadi penurunan sangat drastis yang dirasakan pedagang setempat.

Terlihat pula banyaknya toko yang kosong dan menggambarkan bagaimana sedikitnya aktivitas jual beli di Pasar Paringin.

Ditambahkannya, terdapat dua lantai pada bangunan pasar tersebut, setiap lantainya akan ditemukan toko yang kosong melompong bahkan pada lantai dua, bisa didapati puluhan toko yang bernasib serupa.

“Kalau lantai atas sudah seperti lorong, kosong sama sekali tidak ada pedagang di tokonya,” ucap Syarifullah.

Sementara Sekretaris Pengelola Pasar Paringin Hendri mengungkapkan, dalam beberapa bulan terakhir ada saja pedagang yang berpindah karena tidak dapat memenuhi harga sewa dan sepinya pengunjung yang datang.

Ia membeberkan, terdapat lebih dari 300 unit toko di Pasar Paringin, sedangkan yang terisi kurang lebih 170 unit. Sebagian juga digunakan sebagai tempat barang atau gudang.

Toko yang sepi biasanya akan disewakan kepada orang yang ingin membuka usaha di Pasar Paringin. Dengan tahapan sewa yakni bertransaksi melalui pemilik toko sebelumnya, mengingat asal mula tiap toko ketika Pasar Paringin baru dibuka, ialah sistem membeli unit.

Harga sewa tiap unitnya, berkisar Rp200 ribu hingga Rp400 ribu tergantung posisi unit toko dan uang kebersihan Rp10 ribu ditambah pengeluaran listrik per bulan.

“Semakin strategis lokasi tokonya, akan semakin mahal harganya,” tukasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait