Forkopimda Kabupaten HSU Ikut Peringatan Hari Lahir Pancasila

Jajaran Forkopimda Kabupaten HSU bersama SKPD hadiri peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 secara virtual di Mess Negara Dipa (Diskominfo)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Husairi Abdi bersama Pejabat Forkopimda dan SKPD, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 secara virtual di Mess Negara Dipa, Rabu (1/6).

Upacara Hari Lahir Pancasila 2022 dilaksanakan di lapangan Pancasila Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk pembacaan teks Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

“Hari ini 1 Juni 2002 kita memperingati hari lahir Pancasila di kota Ende Nusa Tenggara Timur kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno proklamator kemerdekaan bapak pendiri bangsa merenungkan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila, bagi bangsa,” Kata Jokowi dalam amanatnya.

Presiden mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada bersama-sama membumikan Pancasila nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, Kata Jokowi Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun sikap bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa.

Bawa bangsa dan negara Indonesia bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena semua kuat untuk melanjutkan Pancasila

“Saya selalu mengingatkan agar kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila, dalam wujud kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan, yang kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan interaksi antar sesama anak bangsa,” imbuhnya

Menjadi tugas bersama seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Dikatakan Jokowi, bahwa menghadapi situasi dunia yang bergejolak karena pandemi covid 19 belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan, kelaparan dan juga perang di Ukraina

“Oleh karena itu, sebagai pemegang mandat presiden di G20 negara maju di dunia, kita berupaya bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun kesehatan, mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat lebih damai dan lebih perikemanusiaan dan lebih baru,” jelasnya.

Jokowi juga menghimbau kepada seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan agama, tokoh masyarakat para pendidik, para pemimpin partai politik dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Mari kita ajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan Semoga Allah Subhana Wa Ta’ala Tuhan Yang Mahakuasa selalu meridhoi perjuangan kita,” Tutupnya.

Diketahui, ditetapkannya tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, yakni berdasarkan Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Dari situlah peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni terus dilakukan, yang selalu diperingati oleh seluruh bangsa dan rakyat Indonesia.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait