Nilai Bantuan Keuangan Representase Suara DPRD Katingan Naik

FOTOBERSAMA-Bupati Katingan, Sakariyas berfoto bersama disela acara Forum Diskusi Publik Bantuan Keuangan Untuk Parpol, Kamis (19/5 2022).(deny)(kalselpos.com)

Kasongan,kalselpos.com– Bantuan keuangan untuk Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Katingan mengalami peningkatan. Hal itu disebabkan perubahan nilai yang dihitung berdasar suara sah.

“Untuk tahun 2022 satu suara sah Rp15 ribu. Itu mengalami kenaikan yang sebelumnya hanya Rp 10 ribu,” kata Bupati Katingan, Sakariyas, ketika membuka acara Forum Diskusi Publik Bantuan Keuangan Untuk Parpol, Kamis (19/5).

Bacaan Lainnya

Kenaikan bantuan persuara sah tersebut sebagai wujud keterwakilan anggota DPRD pada masing-masing Daerah Pemilihan. Dimana berdasar pemilu legislatif tahun 2019 hanya ada 10 Parpol yang mendapat kursi.
“Ada 10 Parpol yang mendapat bantuan berdasarkan 25 kursi di DPRD Katingan,” tandasnya.

Sakariyas meminta kepada semua pengurus parpol bersabar, karena kucuran dana bersumber dari APBD itu belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat. Itu disebabkan belum ada persetujuan dari Gubernur Kalimantan Tengah terkait ketentuan tersebut.

“Dana APBD sudah tersedia. Tapi kita masih menunggu persetujuan pemerintah pusat, dalam hal ini Gubernur Kalimantan Tengah,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, bupati menghimbau kepada semua Pengurus Parpol tertib administrasi. Terutama ketika menggunakan keuangan yang bersumber dari Pemerintah Daerah dan Pusat.
“Laporan pertanggungjawaban penggunaan dana APBD maupun APBN paling lambat disampaikan satu bulan setelah tahun anggaran berakhir. Itu demi menjaga akuntabilitas dan kesinambungan bantuan,” tegasnya.

Pada acara tersebut dihadiri 40 peserta yang berasal dari berbagai Parpol di Kabupaten Katingan. Untuk narasumber berasal dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Kalimantan Tengah, Inspektorat Katingan dan Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah.

Turut hadir perwakilan dari Kejaksaan Negeri dan Polres katingan, Perwira Penghubung, Staf Ahli serta ketua Komisi Pemilihan Umum Katingan, Subandy.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.