Pemkab Kotabaru dapat bantuan peralatan TV digital

Asisten II Sekda H akhmad Rivai saat menyampaikan informasi terkait bantuan peralatan TV Digital.Muliana(kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat akan menerima alat bantu penerimaan siaran TV digital berupa Set-Top-Box (STB).

Alat bantu ini merupakan alat penerimaan siaran TV digital untuk rumah tangga miskin pemilik TV Analog sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial kepada Kementerian Kominfo.

Bacaan Lainnya

Ini berdasarkan surat Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika No.239/M.KOMINFO/PI.03.04/04/2022 tanggal 6 April 2022.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Diskominfo Kotabaru H Akhmad Rivai, Sabtu (16/4/2022) kemarin saat mengikuti kegiatan Safari Ramadhan di Desa Pantai, Kecamatan Kelumpang Selatan.

Lebih jauh dibeberkannya, bahwa
penerimaan STB untuk Kabupaten Kotabaru di karena dampak penghentian siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) ke digital pada tahap 1 yang diselesaikan 30 April 2022.

Sesuai pasal 85 PP Nomor 46 Tahun 2021 penyediaan dan distribusi STB tersebut berasal dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) penyelenggara mutipleksing yang dilaksanakan oleh masing-masing LPS. Sedangkan yang berasal dari Pemerintah atau APBN akan dilaksanakan PT Pos Indonesia.

“Khusus di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapatkan STB pada tahap 1 ada sebanyak 7 Kabupaten yakni Kotabaru, Balangan, Tabalong, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Utara,” ujar H Rivai sapaan akrabnya.

“Untuk Kotabaru sendiri STB yang diterima sebanyak 5.081 STB terdiri dari, 2.884 STB dari LPS Media Metro dan 2.197 dari LPS MNC GTV yang tersebar pada 22 Kecamatan diantaranya Kecamatan Pamukan Utara sebanyak 127 STB, Kecamatan Kelumpang Selatan sebanyak 116 STB, Kecamatan Pulaulaut Selatan sebanyak 520 STB, Kecamatan Hampang sebanyak 224 STB dan Kecamatan Pulaulaut Utara sebanyak 620 STB.

“Dengan diterimanya bantuan STB maka peran Pemerintah Kabupaten Kotabaru diantaranya memonitor pelaksanaan distribusi bantuan STB dan turut mensosialisasikan pelaksanaan ASO tahap 1,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait