Prediksi SMRC, Pilpres 2024 diikuti 3 pasangan

Tiga sosok yang selalu memuncaki daftar elektabilitas capres 2024.(ist/net)(kalselpos.com)

kalselpos.com – Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas mengatakan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi diikuti tiga pasangan.

“Mengingat, regulasi presidential threshold yang cukup tinggi, yakni 20 persen,” ujar Abbas di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Bacaan Lainnya

Disebutkannya potensi tiga poros koalisi yang bisa terbentuk yakni, poros Gerindra-PDIP, poros Golkar, dan poros NasDem-Demokrat.

“PAN dan PPP bisa menggenapi Golkar, PKS berpeluang menggenapi NasDem-Demokrat,” terangnya.

Pada poros Gerindra-PDIP, Abbas melihat potensi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden bersanding dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

“Karena Puan Maharani memiliki elektabilitas yang terlalu di bawah, maka Puan mungkin akan menerima menjadi nomor dua,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Abbas, di poros Golkar ada kemungkinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi cawapres karena elektabilitasnya terlalu lemah.

“Maka kemungkinan akan mencari calon yang paling kompetitif. Ganjar Pranowo bisa jadi alternatifnya. Terbuka juga kemungkinan Airlangga menjadi nomor 1 dan Ganjar nomor 2,” tuturnya.

Sementara poros Nasdem-Demokrat-PKS diprediksi dapat mencalonkan Gubernur DKI Jakarta Anies
Baswedan karena elektabilitasnya cukup baik. Ini karena Nasdem dan Demokrat dinilai tidak punya kader yang kompetitif.

Abbas memprediksi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bisa diterima sebagai pendamping Anies karena cukup kompetitif dibanding nama-nama tokoh partai yang lain.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.