Gandeng BIN dan Dinkes Banjar, Lapas Karang Intan Booster Ratusan Warga Binaan

Lapas Karang Intan Martapura bekerjasama dengan BIN dan Dinkes Banjar melaksanakan vaksinasi Booster bagi warga binaan.Jaelani Hasan(kalselpos.com)

Martapura, kalselpos.com – dalam rangka menyemarakkan rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, menyelenggarakan vaksinasi dosis ke-3 (booster) bagi ratusan warga binaannya.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Ruang Kunjungan tersebut, menggandeng Badan Intelijen Negara (BIN) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar, UPT Puskesmas Karang Intan I selaku pelaksana di lapangan, Kamis (14/4/22).

Bacaan Lainnya

“Hari ini, kita kembali melangsungkan vaksinasi booster, bekerjasama dengan BIN dan Dinkes Banjar. Kita mentargetkan 515 orang warga binaan, dosis yang digunakan, ada AstraZeneca dan Pfizer, masing-masing ½ dosis. Sama seperti yang sebelumnya, ada beberapa warga binaan yang harus ditunda booster-nya karena komorbid dan pertimbangan medis lainnya,” jelas dr Nanda, petugas kesehatan Poliklinik Lapas Narkotika Karang Intan di lokasi kegiatan.

Satu persatu warga binaan Lapas Narkotika Karang Intan yang akan mengikuti vaksinasi booster, mengisi lembar skrining yang disediakan, kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan dasar, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang muncul pasca vaksinasi dosis pertama dan kedua. Jika hasil pemeriksaan dinyatakan sehat, kemudian menerima vaksinasi booster yang dilakukan oleh petugas dan diakhiri dengan observasi.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo yang meninjau langsung pelaksanaan kegiatan menuturkan, kegiatan vaksinasi booster merupakan ikhtiar untuk memberikan perlindungan dari dalam agar terlindung dari Covid-19, sekaligus bagian dari pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Upaya nyata kita dalam memberikan perlindungan, memunculkan kekebalan alami dari dalam tubuh, juga pengembalian imunitas, pasca enam bulan yang lalu menerima vaksinasi dosis ke-2, dan booster ini diharapkan memberi kekebalan lanjutan bagi warga binaan. Meskipun mayoritas warga binaan sudah menerima booster, Saya tetap berpesan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, harus rajin mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker saat beraktivitas di luar,” ungkap orang nomor satu di Lapas Narkotika Karang Intan ini.

Vaksinasi booster yang dilangsungkan, tampak spesial karena turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS), Sri Yuwono, yang meninjau pelaksanaan booster di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Kesempatan yang baik ini, kami mengucapkan terima kasih kepada BIN dan juga Dinkes Banjar, juga pihak lain yang terlibat, sehingga warga binaan kami dibantu untuk mendapatkan booster, harapannya, setelah bebas nanti, mereka bisa langsung diterima masyarakat, karena sudah vaksin ke-3, booster, sudah bisa bergaul dengan masyarakat lainnya,” tutup KadivPAS.

Hadir pula Kepala Dinkes Kabupaten Banjar, dr Yasna Khairina, ditemani Kepala Puskesmas Karang Intan I, Miftahul Hasanah, bersama perwakilan World Health Organization (WHO), dr Olivi Silalahi dan perwakilan UNICEF Indonesia, Jana Fitria Kartika Sari, Kepala BIN Daerah, dan anggota TNI/Polri.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait