Bahas Kesiapan Angkutan Lebaran 2022, KSOP Kotabaru-Batulicin Gelar Rakor

Kepala KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulicin Agus Sularto didampingi Kasi Lalin dan Usaha Kepelabuhan KSOP setempat Arief Prasetyo saat memimpin Rakor Penyelengaraan Angkutan Laut Lebaran tahun 2022, Kamis (14/4) di Batulicin.(kristiawan) (kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Kelas lll Kotabaru – Batulicin menggelar rapat koordinasi (Rakor) penyelengaraan angkutan laut Lebaran 1443 Hijriah, tahun 2022 pada Kamis (14/4).

Teks foto 2:
Suasana Rakor Penyelengara Angkutan Laut Lebaran 2022 yang digelar KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulici, Kamis (14/4) di Batulicin.(kristiawan)(kalselpos.com)

Kepala KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto, MM didampingi Kepala Seksi Lalu Lintas dan Usaha Kepelabuhan KSOP setempat M. Arief Prasetyo R mengatakan, tujuan utama dari Rakor ini adalah memantapkan koordinasi antar instansi terkait, penyedia jasa maupun asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelengaraan angkutan laut lebaran, agar tercipta mudik aman dan sehat.

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan arahan Presiden dan Kementerian Perhubungan RI mudik pada tahun ini diperkirakan akan melibatkan pergerakan yang berbeda dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Mengingat Pandemi belum sepenuhnya selesai maka diimbau kepada seluruh elemen masyarakat, untuk selalu waspada dan melakukan vaksinasi dan booster, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selanjutnya, Kepala KSOP Kotabaru-Batulicin, menjelaskan dalam menindaklanjuti kebijakan pemerintah pihaknya akan berperan aktif dalam mempersiapkan angkutan mudik Lebaran 2022.

KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulucin akan memastikan bahwa seluruh armada kapal dalam keadaan laik laut, dan menginstruksikan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di Tanah Bumbu dan Kotabaru untuk melaksanakan uji kelaiklautan kapal terhadap seluruh kapal yang berada/beropersi di wilayah kerjanya,” ujarnya.

Agus Sularto juga menyampaikan guna mendukung penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 1443 H/2022, para instansi terkait, Terminal Penumpang, Operator Kapal, diharapkan agar melaksanakan beberapa hal-hal penting

Seperti halnya, membentuk Posko Pelayanan Angkutan Laut Laut Lebaran 2022, menyediakan alat pemeriksaan kesehatan, fasilitas vaksin, tempat isolasi sementara, memastikan seluruh petugas dalam keadaan sehat dengan melakukan pemeriksaan rutin.

“Kemudian seluruh penumpang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan membuat contingency plan jika terjadi hal-hal yang darurat,” papar Kepala KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulicin.

Pada Rakor yang digelar KSOP Kotabaru-Batulicin melibatkan instansi terkait seperti, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, TNI-Polri (AL dan Airud), KKP, KPLP, Basarnas setempat dan para penyelengara jasa angkutan laut (ASDP, PELNl dan PT DLU).

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait