Kakanwil Kemenkumham Kalsel kunjungi Lapas Kelas III Batulicin

Rombongan Kakanwil Kemenkumham Kalsel saat Meninjau Lapas Kelas III Batulicin.(Foto: Istimewa)Kristiawan (kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Kalimantan Selatan Lilik Sujandi melakukan kunjungan kerja perdana ke Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau sarana dan prasarana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin, juga mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin dan Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin, Selasa (29/03/2022).

Bacaan Lainnya

“Apa yang kita saksikan pada kunjungan kerja ini disimpulkan bahwa Lapas Kelas III Batulicin hari ini sudah masuk standar dan memenuhi syarat untuk dihuni Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),” kata Lilik.

Selain itu, menurutnya tempat tersebut bisa diuji cobakan operasioal dengan jumlah 6 orang. Dan, WBP ini juga sudah cukup memberikan informasi bahwa fungsi perawatan dasar minimal dengan ketersedian air bersih kemudian makanan dan pakaian dapat dipenuhi cukup baik.

Kendati demikian, dalam hal konsep pemasyarakatan tentunya fasilitas pembinaan dan perawatan lanjutan setelah kebutuhan dasar perlu untuk dipikirkan.

“Sebagai contoh, Poliklinik secara ketersediannya untuk layanan kemudian, ketersedian pemanfaatan area untuk pembinaannya seperti pertanian dan sebagainya saya kira akan meningkatkan kearah sana,” terangnya.

Tak hanya itu saja, untuk kedepan, tentu Lapas ini akan disiapkan menjadi lapas yang produktif berbasis kepada komoditi masyarakat setempat baik dalam perkebunan maupun pertanian.

“Dengan seiring waktu tentu akan kita lengkapi dengan ruangan-ruangan produktif yang berbasis keterampilan menciptakan suatu karya dan sebagainya,” harapnya.

Dan tak kalah penting menurut Kakanwil Kemenkumham, sarana tempat tinggal untuk petugas, sebab hal itu merupakan kebutuhan yang sangat terintegrasi dengan fungsi pemasyarakatan.

“Pemerintah Daerah dalam hal ini kecamatan dan kabupaten tentu menjadi mitra sangat elementer buat kami, karena bagaimanapun nantinya yang akan tinggal disini masyarakat Tanah Bumbu yang tentu kita harapkan tidak menjadi beban masyarakat setelah WBP mendapatkan kebebsan usai menjalani pidananya. Sehingga pemenuhan fasilitas setelah bebas jadi sangat penting,” tukasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait