Peringati HKSN, Pemkab Balangan Salurkan Bantuan Sosial

SERAHKAN- Sekretaris Daerah Kabupetan Balangan.H.Sutekno menyerahkan bantuan sosial kepada penerima yang berlangsung di Aula Benteng Tundakan Senin (27/12).(Kurnadi)(kalselpos.com)

Paringin,kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan penyerahan bantuan sosial kepada yayasan sosial, para jompo , panti asuhan dan panti sosial bina netra. Pelaksanaan penyerahan bantuan sosial dilaksanakan Senin ( 27/12) di Aula Benteng Tundakan Sekretariat Daerah.

Penyerahan bantuan sosial ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan H.Sutekno ,Kepala Dinas Dinas Sosial PPA dan PMD Balangan Urai Nur Iskandar dan undangan lainnya serta para penerima bantuan sosial .
Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Sosial PPA dan PMD Balangan Urai Nur Iskandar melaporkan bahwa untuk tahun anggaran 2021 ini bantuan disalurkan dari APBN berjumlah Rp 2,2 Milyar dan dana APBD berjumlah Rp 384.000.000 juta.

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, bantuan itu diberikan kepada 18 orang anak panti sosial Bina Remaja ,dalam bentuk pendidikan dan pelatihan per orang masing- masing Rp 4,5 juta dengan jumlah Rp 810 juta rupiah.

Selain itu bantuan untuk panti jumpo sebanyak 2 orang masing – masing Rp 45 juta dalam bentuk pelayanan panti sosial Tresna Werdha dengan total Rp 90 juta . Kemudian bantuan terhadap 6 orang anak dipanti asuhan anak dalam bentuk pelayanan Rp 45 juta perorang dengan jumlah Rp 270 juta serta bantuan lainya .

Pada kesempatan ini Bupati Balangan H.Abdul. Hadi dalam amanatnya yang disampaikan Sekretaris Daerah Balangan H.Sutekno menyampaikan Kita tidak bisa lepas dari sejarah Hari Kesetiakawanan Nasional.

Disampaikannya, berawal dari agresi militer Belanda yang menyerukan ibukota Negara sa at itu Yogyakarta ,sehari setelah serbuan itu ,tepatnya tanggal 20 Desember 1948 seluruh lapisan masyarakat bersatu dan mengambil peran sesuai posisi dan kemampuan masing – masing benang merahnya adalah semua menjadikan dirinya sebagai mitra Pemerintah untuk mempertahankan diri.

Setahun kemudian 20 Desember 1949 pemerintah mengandeng tokoh – tokoh masyarakat untuk menjadi mitra dalam mengatasi permasalah sosial yang sedang terjadi. “Sehingga tanggal 20 Desember ditetapkan sebagai Hari Sosial,” katanya.

Lebih lanjut H.Abdul Hadi,menambahkan tujuan utama ditetapkan dan diperingatinya HKSN yaitu membangun ingatan kolektif suluruh elemen masyarakat agar nilai – nilai Kesetia kawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial dan mendorong stimulus berbagai gerakan peduli dan aksi sosial di masyarakat dalam bentuk apapun.

“Sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial ,meminimalisir kesenjangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial mungkin kedua hal ini yang menjadi tolak ukur Kesetia kawanan nasional,” ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan bantuan sosial kepada penerima ,yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Balangan H.Sutekno dan Kepala Dinas Sosial ,PPA dan PMD Balangan Urai Nur Iskandar yang mana bantuan berbeda – beda sesuai dengan permohonan dan telah dilakukan verifikasi .

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait